Sampoerna dan SUN Berikan Bantuan Alkes dan APD ke Pemda Karawang Dukung Penanganan COVID-19

KARAWANG (Suarapubliknews) – Di bawah payung program Sampoerna Untuk Indonesia, PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bekerja sama dengan Yayasan Senyum untuk Negeri (SUN) memberikan bantuan penanganan COVID-19 kepada masyarakat Kabupaten Karawang melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang.

Sampoerna dan SUN mendonasikan alat kesehatan (alkes) berupa 2 unit High Flow Nassal (alat bantu pernapasan) dan alat pelindung diri (APD) berupa 2.500 hazmat suit, 2.500 masker KN95, 2.500 sarung tangan, 5.000 masker medis, dan 1.000 pasang sepatu bot.

Direktur Sampoerna, Elvira Lianita, mengatakan komitmen Sampoerna melalui payung program keberlanjutan perusahaan, Sampoerna untuk Indonesia, untuk terus berpartisipasi aktif dan berkontribusi bagi masyarakat dalam penanganan pandemi COVID-19.

“Kolaborasi antar pihak akan menjadi kunci dalam penanganan pandemi dan ini merupakan wujud komitmen kami untuk berpartisipasi aktif dalam menyalurkan bantuan, dengan bekerja sama dan berkoordinasi dengan pemerintah, mitra, serta pemangku kepentingan lainnya” katanya.

Bantuan alkes dan APD ditujukan untuk mendukung tenaga medis dan Satgas COVID-19 Kabupaten Karawang di tengah tingginya angka transmisi di masyarakat. Menurut data dari situs resmi Satgas COVID- 19 Karawang terdapat lebih dari 41 ribu kasus terkonfirmasi hingga 11 Agustus 2021, dan Kabupaten Karawang masih termasuk dalam kategori zona orange dan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Hal ini menjadikan peran serta berbagai pihak sangat diperlukan untuk mendukung percepatan penanganan kasus COVID-19 di Karawang.

High Flow Nassal diberikan untuk memenuhi kebutuhan penanganan pasien COVID-19 yang memerlukan bantuan pernapasan, dan sebagai alternatif non-invasif dibandingkan ventilator yang memerlukan proses intubasi. Sementara, APD ditujukan tidak hanya untuk dimanfaatkan oleh tenaga kesehatan tapi juga bagi para pemulasara jenazah di Kabupaten Karawang.

Bupati Karawang dr. Cellica Nurachadiana yang secara simbolis mewakili jajaran Pemda Karawang menerima bantuan mengungkapkan terima kasih kepada para perusahaan yang hari ini memberikan bantuan secara serentak, salah satunya PT HM Sampoerna dalam penanganan COVID-19 di Kabupaten Karawang. “Tentu bantuan ini diberikan berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan dan hal ini sangat membantu masyarakat, tenaga medis, dan para pelaku ekonomi yang terdampak,” katanya.

 

CEO Yayasan Senyum untuk Negeri Widi Sulistiono menyebutkan penyerahan Bantuan Alkes kali ini adalah wujud respon cepat SUN bersinergi bersama PT HM Sampoerna, terhadap lonjakan COVID-19 di Kabupaten Karawang.

Sebelumnya, Sampoerna bersama SUN juga telah menyerahkan donasi sembako termasuk 2 ton gula pasir dan puluhan dus bahan makanan bagi warga Karawang. Bantuan yang disalurkan melalui Pemda Kabupaten Karawang ini utamanya ditujukan untuk mendukung masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri.

“Pandemi belum berakhir, dan kami menegaskan komitmen kami untuk terus mendukung pemerintah, termasuk Pemerintah Kabupaten Karawang, dalam upaya penanganan COVID-19 dan mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional,” tutup Elvira. (q cox, tama dinie)

Reply