Saraswanti Anugerah Makmur Resmi Tercatat di BEI

SURABAYA (Suarapubliknews) – PT Saraswanti Anugerah Makmur Tbk resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dengan menggunakan kode saham SAMF Saraswanti Anugerah melepas 775 juta lembar saham baru atau setara dengan 15,12% dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

Direktur Utama Saraswanti Anugerah Makmur, Yahya Taufik mengatakan proses book building dan penawaran umum telah berjalan dengan lancar. Meskipun saat ini kondisi nasional, regional, maupun global sedang tidak kondusif akibat ancaman virus Corona (Covid-19).

“Selain itu, tingginya antusiasme masyarakat terhadap IPO menunjukkan kepercayaan dan harapan masyarakat yang tinggi terhadap pasar modal pada umumnya dan secara khusus pada prospek usaha Perseroan,” katanya.

Hal ini terbukti selama masa penawaran umum, saham SAMF mengalami oversubscribe 1,19x dari total penawaran atau 19,94x oversubscribe dari porsi pooling yang ditawarkan. Pada perdagangan perdana, saham SAMF langsung melesat 35% ke level Rp 162 per saham.

Dengan harga penawaran Rp120 per saham, SAMF meraup dana segar hasil Initial Public Offering (IPO) hingga Rp 93 miliar. SAMF akan menggunakan sekitar 49,78% dana segar yang diperoleh dari IPO untuk mendanai kebutuhan belanja modal entitas anak, guna meningkatkan kapasitas produksi.

Bersamaan dengan proses IPO, SAMF juga melakukan Employee Stock Allocation (ESA) atau alokasi saham untuk karyawan, yakni dengan memberikan alokasi pasti sejumlah 22.6 juta lembar saham kepada karyawan SAMF dan entitas anak usaha.

Untuk diketahui, SAMF didirikan pada 1998 dan bergerak dalam bidang usaha produksi dan distribusi Pupuk NPK nonsubsidi. Pelanggan SAMF saat ini mencakup perusahaan perkebunan nasional baik swasta maupun pemerintah hingga lebih dari 500 pelanggan di seluruh Indonesia

Saat ini SAMF memiliki 3 (tiga) entitas anak dengan 5 pabrik yang tersebar di Jawa Timur, Sumatera Utara dan Kalimantan Tengah. (q cox, tama dinie)

Reply