BisnisPeristiwa

Sasar Gen Z, Basha Market Dipenuhi Produk Lokal

56
×

Sasar Gen Z, Basha Market Dipenuhi Produk Lokal

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Data Pusat Riset Kependudukan BRIN, populasi penduduk kelahiran 1997-2012 yang disebut Generasi Z menjadi generasi dominan di era bonus demografi dengan periode puncak pada tahun 2020-2030, dimana populasi penduduk usia produktif (15-64 tahun) mencakup 60% atau lebih dari total penduduk Indonesia, disusul generasi milenial (1980-1996) dan kemudian generasi Alpha (2013-2025). Hal ini yang melatarbelakangi Basha Market mengusung tema Basha Market-Planet Z

Co-Founder Basha Devina Sugono, mengatakan tema Planet Z terinspirasi dari fenomena-fenomena Gen Z saat ini. Setelah 9 tahun berjalan, Basha Market kini melebarkan target pasar ke arah Generasi Z. Selama ini yang datang ke Basha memang didominasi oleh generasi milenial. Namun sekarang Basha ingin merangkul Gen Z untuk mengetahui apa yang disukai oleh generasi ini.

Menurut Erin, Gen Z saat ini dipandang sebagai kelompok potensial bagi banyak brand. Karakter mereka dalam memahami perkembangan zaman dan teknologi mempengaruhi perilaku berbelanja Gen Z. Berdasarkan penelitian Forbes, daya beli Gen Z cukup menjanjikan karena sebagian besar mereka sudah mulai meniti karier pada 2023.

“Gen Z lebih kritis dalam memilih brand. Mereka lebih mendukung brand yang memiliki nilai yang sejalan dengan prinsip hidup mereka dan menyukai cara-cara yang seru dalam teknik memasarkan produknya,” ujarnya.

Melihat perilaku belanja Gen Z yang memiliki karakteristik khas ini, membuat Erin percaya bahwa brand lokal yang hadir dalam Basha Market kali ini mampu memenuhi ekspektasi Gen Z. Basha Market di Surabaya diikuti oleh 150 brand lokal berkualitas dari Jakarta, Bandung, Jogja, Malang dan Bali.

Diantaranya Peau Jeune Beaute, Peculiar dan La’dor Indonesia yang mengikuti event ini untuk kedua kalinya. La’dor Indonesia memperkenalkan rangkaian perawatan rambut dengan level profesional salon, namun mudah dan praktis digunakan di rumah.

Basha Market menghadirkan bermacam instalasi, antara lain Anxiety Wormhole, All Eyes On You, Hallucinatory, Space Nomad (Instalasi UFO) dan Pink Pyramid. Masing-masing instalasi memiliki makna. Misalnya Pink Pyramid dengan tulisan “Follow Your Passion” di dalamnya.

“Kami bersama lokal studio kreatif, Sciencewerk, merancang desain Planet Z dengan bermacam instalasi di dalamnya. Kami ingin mengajak semua generasi yang datang ke Basha Market untuk masuk ke dalam dunia Gen Z,” ujarnya.

Instalasi-instalasi yang dihadirkan Basha Market juga berfungsi sebagai “ruang pelarian” sekaligus menunjukkan tantangan-tantangan kehidupan masa depan yang akan Gen Z hadapi, mulai dari faktor eksternal seperti lingkungan, dinamika keluarga hingga masalah-masalah kompleks yang melibatkan pekerjaan dan lainnya. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *