Selesaikan Tanah Transmigrasi, Bupati Zairullah Kumpulkan Kades se Tanah Bumbu

BATULICIN (Suarapubliknews) – Bupati Tanah Bumbu HM.zairullah Azhar mengumpulkan seluruh kepala Desa dalam rangka menyelesaikan persoalan tanah Transmigrasi di wilayah Desanya. Rabu (05/10/2022)

Hal ini berkaitan dengan laporan yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Tanah Bumbu melalui Kabid Transmigrasi Hartoyo. Dimana permasalahan tanah Transmigrasi di Tanah Bumbu terungkap bahwa pemegang sertifikat hak milik atas tanah ternyata bukan pemegang sertifikat awal dalam arti transmigrasi pengganti.

Selain itu, masih ada sertifikat yang belum keluar di Desa transmigrasi, namun tercatat dari jumlah Desa Transmigrasi ada 62 dan ada 29 Desa yang masuk kawasan hutan produksi dan dapat di konvensi dengan luas 13.363.000 hektar. Serta wilayah Desa Transmigrasi ada yang masuk dalam HGU

“Semoga didalam pertemuan ini dan segala permasalahan apa yang dihadapi Kepala Desa bisa terselesaikan dan mudahan juga permasalahan ini menjadi contoh Kabupaten kota se Indonesia.,” ucap Hartoyo.

Di hadapan para Kepala Desa, Bupati Tanah Bumbu HM.Zairullah Azhar juga menyentil persolan tanah yang harus dituntaskan.

Sehubungan dengan hadirnya Direktur Pengembangan Satuan Pemukiman DR.H.Rosid M.Si.MP dari pihak kementerian, Bupati berharap agar bisa memberikan petunjuk dan arahan dan sekaligus memfasilitasi tentang persoalan yang sedang dihadapi termasuk tim propinsi Kalimantan Selatan maupun.

“Termasuk persoalan segel dan sertifikat dan persoalan batas yang harus kita selesaikan. “Papar Bupati saat membuka rapat Pasilitasi tanah Transmigrasi, di ruang rapat Bersujud Kantor Bupati.

Apalagi persoalan Transmigrasi ini sangat erat dengan persoalan batas dan pengembangan pembangunan yang terus dilakukan.

“Kerena itu kepala Desa diminta untuk memanfaatkan pertemuan ini dan sampaikan semuanya segala persoalan kita yang ada di masyarakat. Kerena yang lebih tau persoalan masyarakat itu adalah kepala Desa sendiri., Semoga ini akan bisa menuntaskan masalah nya ,”ucapnya.

Turut hadir Tim Kementerian Desa Tertinggal Dan Transmigrasi diwakili Direktur Pengembangan Satuan Pemukiman DR.H.Rosid M.Si.MP serta perwakilan Dinas Transmigrasi Propinsi Kalimantan Selatan serta. (q cox, Imran)

Reply