BisnisJatim Raya

Sinergi Bank Indonesia Jawa Timur dengan Pemkab Gresik Untuk Mendorong UMKM Bandeng Naik Kelas

14
×

Sinergi Bank Indonesia Jawa Timur dengan Pemkab Gresik Untuk Mendorong UMKM Bandeng Naik Kelas

Sebarkan artikel ini

GRESIK (Suarapubliknews) – Sebagai bentuk komitmen Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM yang berkelanjutan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gresik menyelenggarakan Gresik Bandeng Festival.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Budi Hanoto mengatakan kegiatan yang mengusung tema “ *Bandeng untuk Rakyat* ” ini merupakan wujud nyata dukungan Bank Indonesia kepada Pemkab Gresik dalam mendorong akselerasi sektor ekonomi produktif wilayah Gresik melalui penguatan inovasi serta produksi ikan bandeng segar dan aneka olahannya.

Gresik Bandeng Festival ini merupakan kegiatan yang sejalan dengan peran Bank Indonesia dalam mengembangkan sektor riil dan UMKM yang berdaya saing, go global, dan go digital. Pengembangan UMKM tersebut dilakukan melalui 3K+1P key strategies yaitu meningkatkan pola kemitraan, penguatan kapasitas, dukungan kebijakan, koordinasi dan kolaborasi, serta dukungan pembiayaan.

“Kami berharap Gresik Bandeng Festival dapat menumbuhkan optimisme pelaku UMKM dan semangat untuk tetap produktif. Kedepan semoga Bandeng Gresik mampu menjadi produk yang bisa ekspor keluar negeri,” katanya.

Komitmen yang kuat dalam mendukung UMKM bandeng ini ditunjukkan dengan kehadiran secara langsung oleh Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, Wakil  Bupati Gresik, Aminatun Habibah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur, Budi Hanoto, Anggota DPR RI, Sarmudji beserta jajaran forkopimda Gresik.

Anggota Komisi XI DPR RI, Sarmudji mengapresiasi Bank Indonesia yang telah mendukung pengembangan UMKM. “ Saya paham betul, komitmen Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM sudah sangat teruji dan tepat sasaran. Bahkan beberapa waktu lalu kami telah menyetujui anggaran Bank Indonesia, termasuk anggaran pengembangan UMKM dan program sosial Bank Indonesia tahun depan yang diusulkan lebih besar dari tahun ini,” terangnya.

Bupati gresik Fandi Akhmad Yani, menyampaikan bahwa sebagai daerah penghasil bandeng, diharapkan bandeng Gresik lebih dikenal kalangan luas. Gus Yani juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bank Indonesia yang senantiasa mendukung berbagai agenda pengembangan ekonomi Gresik, termasuk kolaborasi dalam penyelenggaraan Gresik Bandeng Festival ini.

Pada tahun ini, Gresik Bandeng Festival 2021 dilangsungkan di Alun – Alun Gresik dengan menghadirkan para UMKM pengolah bandeng untuk mengikuti beragam kegiatan seperti live cooking show bersama Chef Juna, masak bareng 1 ton bandeng hingga lomba kreativitas olahan bandeng. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *