Jatim Raya

SMAN 2 Lamongan Terbanyak Loloskan Siswanya Masuk PTN di Jalur SNMPTN

17
×

SMAN 2 Lamongan Terbanyak Loloskan Siswanya Masuk PTN di Jalur SNMPTN

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Provinsi Jawa Timur baru saja meraih prestasi membanggakan dengan menjadi provinsi terbanyak skala nasional yang siswanya lolos SNMPTN dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri.

Sebanyak 13.803 siswa siswi Jatim lolos mengikuti proses SNMPTN dan diterima di berbagai program studi di perguruan tinggi negeri tahun 2020. Dari jumlah total siswa yang lolos SMAN 2 Lamongan menjadi sekolah terbanyak yang mampu mengantarkan para siswanya masuk PTN tanpa tes dengan jumlah 126 siswa.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengucapkan selamat pada Kepala Sekolah SMAN 2 Lamongan Muki melalui dialog secara virtual. Dan meminta untuk membagikan resep rahasianya bisa mencetak prestasi membanggakan ini.

“Sebelumnya saya mengucapkan selamat pada Bapak Muki yang telah mengantarkan putra-putrinya masuk perguruan tinggi negeri tanpa tes sebanyak 126 siswa. Ini terbanyak di Jawa Timur. Coba melaui dialog virtual ini  Bapak bisa sampaikan, apa yang menjadi resep rahasia SMAN 2 Lamongan bisa mencetak prestasi ini,” katanya.

Kepala Sekolah SMAN 2 Lamongan Muki menyebutkan bahwa memang prestasi tersebut bisa diraih sekolahnya bukan tanpa perjuangan.  Ada proses dan sistem yang dibangun sehingga mampu menjadikan modal bagi para siswa untuk bisa lolos masuk ke PTN yang mereka inginkan.

“Alhamdulillah siswa yang lolos SNMPTN dari SMAN 2 Lamongan ada sebanyak 126 orang atau sekitar 4 rombel kelas. Kalau ditanya resep rahasianya, kami memang menerapkan bimbel (bimbingan belajar) yang berbeda dengan sekolah yang lain,” ungkapya.

Di SMAN 2 Lamongan bimbel yang digelar sekolah mengikuti kebutuhan siswa. Ada yang bimbel khusus bagi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri umum, kemudian juga ada bimbel yang khusus untuk siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan kedinasan militer, serta ada pula bimbel khusus bagi siswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi kedinasan.

“Jadi siswa bisa memilih mengikuti bimbel yang mana sesuai keinginan dan kebutuhannya. Apakah ingin ke PTN umum, perguruan tinggi kedinasan, atau perguruan tinggi militer. Khusus untuk program bimbel yang perguruan tinggi militer kami juga bekerja sama dengan TNI Polri,” papar Muki

Gubernur Khofifah juga berdialog dengan dua siswa lulusan SMAN 2 Lamongan yang berhasil masuk ke Fakuktas Kedokteran Unair Surabaya lewat jalur SNMPTN. Dua siswa tersebut adalah Nabila Rahmaniah dan juga Lorence Okta F.L.

Dua siswa  tersebut mengaku senang dan bersyukur akhirnya bisa mewujudkan cita-citanya untuk bisa masuk ke prodi di PTN yang mereka inginkan. “Tentu saya sangat bersyukur bisa diterima di FK Unair dari jalur SNMPTN. Menjadi dokter sudah menjadi mimpi saya karena saya ingin bisa melayani orang yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” kata Nabila.

Tak hanya SMAN 2 Lamongan, SMAN 3 Sidoarjo sebanyak 82 siswa, dan SMAN 5 Surabaya ssbanyak 80 siswa juga lolos SNMPTN. Secara khusus memberikan apresiasi pada kepala sekolah, seluruh guru, tenaga kependidikan, dan juga para siswa yang telah memberikan perjuangan terbaik hingga bisa mencetak prestasi yang membanggakan bagi Jawa Timur.

“Apa yang dilakukan oleh SMAN 2 Lamongan ini akan menjadi satu indikator yang kita harapkan bahwa kualitas SDM di Jawa Timur akan semakin merata dan itu artinya kita bisa mendongkrak pembangunan di berbagai bidang dengan SDM lokal,” terang Khofifah.

Gubernur Khofifah juga memberikan hadiah khusus untuk SMAN 2 Lamongan berupa perbaikan sarana pendidikan dan juga penambahan fasilitas laboratorium yang menjadi kebutuhan di sekolah tersebut. Melalui Dinas Pendidikan Jatim, kebutuhan layanan pendidikan tersebut akan segera dipenuhi oleh Pemprov Jatim. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *