BisnisJatim Raya

Stiker WA Lucu Edukasikan Pencegahan Covid-19 Ala ITS

148
×

Stiker WA Lucu Edukasikan Pencegahan Covid-19 Ala ITS

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Jumlah kasus positif Covid-19 di Provinsi Jawa Timur masih cenderung bertambah saat ini. Dalam membantu mengedukasi masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan paket stiker di media sosial yang berisi pesan untuk mengampanyekan pencegahan penyebaran Covid-19 ini.

Koordinator Kampanye Penanggulangan Covid-19 ITS Rabendra Yudistira Alamin ST MDs mengatakan jika salah satu masalahnya terletak pada edukasi masyarakat yang dinilai belum semuanya peduli terhadap pencegahan penyebaran Covid-19 di sekitar mereka.

“Oleh karena itu, saya dibantu oleh kelima mahasiswa yakni Adhec Saputra, Nabila Disarifianti, Fadhlan Achmad Habib, Nadine Aulia Farah Diba, dan Dandy Anugrah Cahyada membuat paket stiker berisi pesan edukasi yang dapat digunakan di media sosial WhatsApp,” katanya.

Hal tersebut dipilih karena masyarakat saat ini yang kebanyakan melakukan aktivitas dari rumah lebih sering menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi. Stiker tersebut dibuat dengan menggunakan gambar aktivitas dan kata-kata yang sering digunakan oleh masyarakat. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Jawa, sesuai yang banyak digunakan oleh masyarakat di Jawa Timur.

Dosen Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) tersebut beralasan, menggunakan bahasa Jawa akan lebih memudahkan masyarakat untuk memahami makna dari stiker tersebut. “Apalagi selama ini sudah banyak edukasi yang menggunakan Bahasa Indonesia yang baku,” ungkap Bendra.

Cara untuk mendapatkan stikernya juga cukup mudah, tinggal mengunduh secara gratis pada alamat http://sticker.ly/s/MU53G8. Selain itu, Bendra menjelaskan juga bisa menyimpan stiker yang telah dikirimkan oleh pengguna sosial media lainnya yang memiliki stiker tersebut. Ke depannya, Tim Kampanye juga akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media lain, seperti poster, slide, video, atau lainnya.

Selama masih ada ide dan masukan yang diterima oleh Tim Kampanye, Bendra dan timnya akan terus menghasilkan berbagai produk edukasi kepada masyarakat secara visual. Apalagi bila terdapat informasi yang baru dan penting atau berbagai celetukan yang penting disampaikan kepada masyarakat umum.

Dengan hal tersebut, Bendra berharap jika nantinya ITS mampu memberikan edukasi dengan berbagai media kepada masyarakat luas yang memiliki dampak positif. Masyarakat juga akan tersadarkan apa yang harus mereka lakukan atau tidak dilakukan untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *