Jatim RayaPeristiwa

Stok Darah di Surabaya Tetap Diperlukan, YBIS Kembali Gelar Donor Darah di Home Base Jalan Mawar

16
×

Stok Darah di Surabaya Tetap Diperlukan, YBIS Kembali Gelar Donor Darah di Home Base Jalan Mawar

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Meski saat ini kebutuhan darah plasma konvalesen untuk pasien covid-19 telah menurun, namun kegiatan aktifitas operasi maupun aktivitas non COVID-19 mulai meningkat. Artinya, stok darah tetap sangat diperlukan oleh banyak rumah sakit.

Oleh karenanya, Yayasan Bersama Indonesia Sehat (YBIS) masih terus menggelar kegiatan donor darah, meski sebelumnya telah beberapa kali keliling mengadakan kegiatan yang sama dengan total kumulatif ribuan peserta.

Hanya saja, kegiatan donor darah kali ini digelar di home base YBIS yakni di Jalan Mawar no 54 Kota Surabaya dengan total peserta 140 pendonor.  .

“Alhamdulillah. Terimakasih kepada seluruh donor dan sponsor yang telah berpartisipasi, insyaAllah gotong royong kemanusiaan ini akan memberi dampak nyata bagi masyarakat,” ucap dr. Makyan Jibril al farabi, Founder Yayasan Bersama Indonesia Sehat.

Kegiatan sosial ini dihadiri sejumlah tokoh penting seperti Adi Sutarwijono Ketua DPRD Surabaya, dr. Martono Ketua PMI Surabaya, Camat Sawahan dan serta Camat Tegalsari.

Hadir juga Teguh Prihandoko Ketua Yayasan Bersama Indonesia Sehat, Richard Ketua INTI Surabaya, Leonika Ketua reblood, Yuska Gusdurian, pengurus Yayasan Berkah Langit, Agus Widiastono Direktur APERINDO, dan para pengurus Arek Jogoboyo. Yang semuanya telah mengerahkan anggotanya untuk donor darah.

“Kami minta maaf kepada para calon skreening donor plasma konvalesen yang datang tetapi gagal melakukan skrening dikarenakan tidak adanya stock labu plasma di PMI. Jumlahnya sekitar 50 orang. Adapun yang hadir sebanyak 217 calon pendonor,” tutur Teguh Prihandoko

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono, “Kita bersyukur bahwa warga kembali sudah mulai banyak yang berpartisipasi untuk donor darah dan membagi spirit kehidupan bagi warga masyarakat yang membutuhkan,” tambah Adi Sutarwijono yang besok hari Minggu juga akan donor plasma konvalesen yang ke kedua kalinya.

Di saat yang sama, Ifan Johar pengurus Yayasan Berkah Langit, mengatakan jika seluruh calon pendonor mendapatkan sajian satu porsi rawon dan satu paket sembako, dengan harapan gerakan bersama ini dapat memberikan inspirasi yang bertujuan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap sesama.

“Terutama dalam bidang kesehatan dan juga untuk mensosialisasikan pentingnya donor darah kepada masyarakat utamanya bagi penyintas covid 19. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan kepedulian kepada sesama, karena setetes darah kita sangat berarti untuk mereka,” tandasnya. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *