Surabaya Fashion Parade 2021, Angkat Tema CICLO Libatkan 84 Desainer

SURABAYA (Suarapubliknews) – Surabaya Fashion Parade (SFP) 2021 bakal digelar 2 – 6 Desember 2021. Gelaran tahun ini melibatkan 84 desainer domestik maupun mancanegara diantaranya dari Singapura.

Founder Surabaya Fashion Parade Dian Apriliana Dewi, mengatakan gelaran SFP 2020 berjalan tidak maksimal. Berangkat dari situ, gelaran fashion yang sudah berjalan belasan tahun ini mencoba untuk membuktikan diri kembali pada tahun ini.

Mengangkat tema ‘CICLO’ yang berasal dari Bahasa Italia dan bermakna continuity atau keberlanjutan, SFP ingin membuktikan bahwa para pegiat fashion tetap survive dan akan terus melanjutkan kreasi karya mereka.

“Walaupun pandemi COVID-19 masih berlangsung, namun kehidupan masyarakat harus tetap berlanjut. Begitu pula dengan event fashion. Di tahun ini, SFP tetap dilaksanakan dengan mengusung konsep sustainability fashion yang berfokus pada proses produksi yang efektif dan ramah lingkungan,” katanya.

Ketua Pelaksana Acara, Alben Ayub Andal menjelaskan, konsep sustainability SFP 2021 merupakan re-upgrade karya-karya desainer yang tak terjual akibat pandemi COVID-19. “Dua tahun ini, banyak baju yang tidak terjual. Baju-baju itu kita re-upgrade dengan model terbaru yang disesuaikan kondisi saat ini. Dan kita tawarkan dengan look terbaru ke masyarakat,” jelasnya.

Konsep ini diambil juga berkaitan dengan masalah sampah tekstil atau sampah fashion yang semakin menumpuk setiap harinya. Pasalnya, sampah terbanyak di dunia adalah sampah fashion. “Sampah fashion menjadi sampah yang paling banyak saat ini, untuk itu pemikiran sustainable kita tampung di SFP ini,” ungkap Alben.

SFP kali ini akan konsen pada proses produksi efisien dan ramah lingkungan dari limbah busana tersebut sekaligus mengamati perubahan kebutuhan para konsumen selama pandemi ini. “Fashion kali ini menyuguhkan konsep beragam, mulai dari show ethnic & mix, moslem wear-mode, cocktail gown dan urban. Saya sendiri berkolaborasi dengan beberapa pihak akan membawakan cocktail gown,” terangnya.

SFP 2021 ini akan digelar secara hybrid online dan offline yang bisa diakses melalui live streaming YouTube maupun IG Live Surabaya Fashion Parade. Untuk offline, pengunjung bisa hadir di Chameleon Hall Tunjngan Plaza 6 lantai 5 Surabaya. Tetap dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Seperti pakai masker dan tidak berkerumun. Jumlah tamu dalam ruangan juga dibatasi. (q cox, tama dinie)

Reply