Surabaya Level 1, Ketua DPRD: Kegiatan Olahraga Makin Bergairah

SURABAYA (Suarapubliknews) – Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, berharap olahraga-olahraga tradisional semakin berkembang di Kota Surabaya. Dengan cara mempromosikan secara kreatif dan semakin banyak melibatkan masyarakat, terutama anak-anak muda kaum milenial.

Harapan itu disampaikan saat Adi Sutarwijono memberikan sambutan dalam pelantikan Pengurus Komite Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Surabaya, Sabtu (6/11/2021).

“Menyusul penetapan Surabaya sudah PPKM Level 1, kita melihat antusiasme kegiatan di masyarakat meningkat luar biasa. Termasuk kegiatan-kegiatan olahraga pun semakin bergairah. Saya berharap aktivitas kegiatan olahraga-olahraga tradisional dan rekreasi semakin berkembang di Surabaya,” kata Adi, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum KORMI Jawa Timur Hudiyono melantik Ketua Umum KORMI Kota Surabaya Bambang Purwanto, Sekretaris Umum H. Muhammad Sunar, serta jajaran kepengurusan lain. Hadir pula Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemkot Surabaya, Afghani.

“Saya mendapat informasi dari Pak Hudiyono, ada puluhan jenis olahraga dan rekreasi yang dikelola KORMI Kota Surabaya. Mungkin masih banyak jenis kegiatan olahraga dan rekreasi di masyarakat yang bisa ditimbulkan dan dikelola KORMI. Saya berharap ke depan semakin berkembang,” kata Adi.

Jenis olahraga dan rekreasi itu, seperti olahraga pernapasan, layang-layang, panah tradisional, kungfu, pencak tradisional, sepeda kuno, olahraga tradisional dan senam, gulat tangan, panjat tebing, dan lain-lain.

Adi berharap pengembangan itu dilakukan dengan berbagai cara kreatif, dengan semangat kekinian. Misal, mempromosikan dengan berbagai saluran media sosial. Sehingga semakin dikenal luas warga masyarakat lewat video, meme, dan narasi berita.

“Ada baiknya menggandeng berbagai kalangan anak-anak muda, kaum milenial. Kalangan perempuan dan tokoh masyarakat. Sehingga semakin berjejaring luas dan dipromosikan melalui berbagai media sosial,” kata Adi.

Pengembangan olahraga rekreasi tradisional itu, lanjutnya, sangat penting di tengah perkembangan Kota Surabaya yang semakin maju. “Kita ingin Surabaya tidak tergerus jati dirinya di tengah derap kemajuan kota. Salah satu cara untuk merawat jati diri kota adalah melalui berbagai olahraga dan rekreasi yang hidup di masyarakat,” kata Adi.

DPRD Kota Surabaya, lanjutnya, sangat terbuka dengan berbagai gagasan masyarakat untuk merawat dan memperkuat jati diri Surabaya. “Kami terbuka dengan gagasan-gagasan masyarakat, termasuk dari KORMI,” katanya.

Tahun 2022, urusan pemerintahan bidang pemuda dan olahraga, urusan pariwisata, dan kebudayaan bakal dikelola oleh satu dinas di Pemerintah Kota Surabaya.

“Kita berharap antar berbagai urusan itu menjadi lebih sinergis dan terpadu. Sehingga bisa menggarap even-even kota yang menjadi magnet bagi tontonan pariwisata masyarakat,” katanya. (q cox)

Reply