Syukuri Ultah Megawati, Kader Muda PDIP Surabaya Buka Dapur Umum Hadirkan Chef dan Penyuluh Gizi

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Kalangan anak muda kaum milenial di Kota Surabaya mensyukuri atas bertambahnya usia Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Pada 23 Januari 2023, presiden RI ke-5 itu berusia 76 tahun.

Anak-anak muda itu berlatarbelakang mahasiswa, pelajar, pekerja muda, karang taruna, pegiat sosial dan profesional muda. Diorganisir Taruan Merah Putih (TMP), wadah anak-anak muda di bawah PDI Perjuangan, mereka membuka dapur umum.

Kader-kader muda PDIP itu bergotong royong, bareng-bareng belanja bahan makanan, dan ramai-ramai memasak bersama warga Kalikepiting, di Balai RW 05, Kel. Pacar Kembang, Tambaksari.

“Selamat ulang tahun ke-76 untuk Ibu Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan. Semoga Ibu Ketua Umum senantisa dikaruniai usia panjang, kesehatan dan kekuatan, serta kebijaksanaan dalam mengabdi kepada Indonesia Raya,” ujar Aryo Seno Bagaskoro, Ketua TMP Kota Surabaya, Senin (23/1/2023).

“Pesan Ibu Megawati yang terngiang di benak kami adalah melakukan bonding bersama warga masyarakat. Dengan kata lain menunggal rasa dan kehendak, bersatunya pikiran dan tindakan. Dengan memasak, kita membagikan makanan sehat bersama warga,” kata Seno, mahasiswa Ilmu Politik, FISIP, Universitas Airlangga.

Anak-anak muda itu berhimpun bersama warga masyarakat, memasak bersama dan melakukan penyuluhan terhadap ibu-ibu hamil tentang hidup sehat dan konsumsi yang sehat. Serta merawat balita yang sehat, dan mencegah stunting.

“Ini membangkitkan kesadaran bersama tentang pentingnya asupan gizi yang seimbang demi pertumbuhan generasi masa depan yang lebih baik dan maksimal,” kata Seno.

Kegiatan masak bareng itu juga diikuti mahasiswa jurusan gizi Universitas Airlangga, Annisa Firdaus, yang memberi penyuluhan gizi. Serta chef Ghea Novianti sebagai tutor memasak yang benar.

“Kami sengaja memilih masakan sehat dari buku resep Mustika Rasa yang dikumpulkan oleh Presiden Sukarno, salah satunya sop sehat yang dibuat bersama,” jelas Ghea Novianti, yang jebolan pemilihan Duta Wisata Cak & Ning Surabaya tersebut.

Hasil masak bareng itu dikemas dalam puluhan boks, lantas dibagi-bagikan ke warga lanjut usia, ibu-ibu hamil, dan balita serta penderita stunting. Juga didistribusikan ke warga masyarakat yang membutuhkan.

Mereka berduyun-duyun memakai seragam PDI Perjuangan, keluar masuk kampung, membagi-bagikan boks makanan sehat itu kepada warga yang telah didata.

Setiawan, Sekretaris TMP Kota Surabaya, mengungkapkan rasa syukurnya saat membagikan masakan untuk warga.

“Gotong royong ini bentuk rasa syukur kami atas bertambahnya usia Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati. Bagi kami, beliau adalah guru bangsa yang banyak memberikan suri tauladan kepada anak-anak muda,” katanya.

Alumni ekonomi Universtas Negeri Surabaya (UNESA) ini juga mendoakan agar hasil masakan dan ilmu yang diperoleh, dapat membawa manfaat bagi warga masyarakat. “Semoga semua senantiasa diberi kesehatan,” kata Setiawan.

Ibu Ira, warga yang hadir, berharap kegiatan yang bermanfaat itu dapat diadakan sesering mungkin, di tengah pemukiman penduduk.

“Terima kasih PDIP, terima kasih Taruna Merah Putih. Semoga PDIP terus dekat dengan warga masyarakat. Selamat ulang tahun Ibu Megawati. Doa kami, panjang umur dan sehat selalu. Merdeka!” kata Ibu Ira. (q cox)

Reply