Bisnis

Tanamkan Karakter Tangguh Sejak Dini, Siapkan Anak Beradaptasi

6
×

Tanamkan Karakter Tangguh Sejak Dini, Siapkan Anak Beradaptasi

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Penanaman karakter sejak dini pada anak sangatlah penting, mengingat seorang anak harus memiliki karakter tangguh agar dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan.

M.Si selaku Psikolog Anak & Keluarga, Ajeng Raviando, Psi. mengatakan karakter yang tangguh sejak usia dini akan mempersiapkan si Kecil dalam menghadapi perubahan dan situasi tertentu dalam hidup seperti kegagalan, stress, tantangan, lingkungan baru, yang tentunya akan memberikan pengalaman hidup bermakna bagi mereka.

“Ada lima karakter tangguh atau resilient character yang sebaiknya diasah sejak dini yaitu berani, percaya diri dan mau mengambil resiko; mandiri, tidak bergantung pada orang lain; gigih, mau berusaha melakukan sesuatu sampai selesai; adaptif, mudah menyesuaikan diri di setiap situasi; dan banyak akal, bisa bertindak cepat dan efektif di bermacam situasi dan pandai mencari solusi,” katanya.

Untuk membantu pengembangan karakter tangguh pada anak, Ajeng menyarankan para orang tua untuk memberikan stimulasi berupa purposeful exposure. Purposeful exposure atau pengalaman-pengalaman baru bagi anak inilah yang nantinya akan membuat anak lebih berani hingga terbentuk lima karakter tangguh tersebut.

“Tiap purposeful exposure anak satu dengan yang lain tentu berbeda. Karena kita tahu setiap anak memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan di tiap anak ini yang membuat para orang tua harus pandai membangun jembatan komunikasi yang baik ketika ingin memahami keinginan anak,” lanjut Ajeng.

Dokter Spesialis Anak, dr. Mira Irmawati, Sp.A menambahkan banyak faktor penting yang berperan dalam perkembangan seorang anak. Genetik, nutrisi, lingkungan—termasuk stimulasi, adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan oleh orangtua.

Stimulasi ini sangat penting karena mendukung perkembangan anak untuk memastikan kematangan fungsi tubuhnya seperti motorik halus, motorik kasar, bahasa, sosial & kemandirian, fisik, kreativitas, hingga kognitif. Tetapi perlu diperhatikan bahwa stimulasi melibatkan multi-sensorik dan besar kemungkinan si Kecil akan terpapar kuman dan benda asing lainnya.

“Maka dari itu, pemberian kegiatan bermakna perlu diikuti oleh daya tahan tubuh yang kuat dan kemampuan berpikir yang baik agar mereka dapat siap mengeksplorasi lingkungan dan mempelajari berbagai hal baru. Sistem daya tahan tubuh yang baik ini dapat dibangun sejak awal melalui pemenuhan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya,” jelasnya.

Brand Manager Nutrilon Royal Jeannette Giovani mengatakan, mengatakan bahwa dengan cepatnya perkembangan dunia saat ini, ketangguhan si Kecil tidak hanya bergantung dari fisik saja, tetapi juga dibutuhkan stimulasi tepat dan pengembangan karakter yang kuat.

“Kami percaya bahwa peran keluarga sangat penting dalam menentukan kesiapan anak hadapi masa depan, dan harapannya rangkaian acara Raise Them Ready Roadshow dapat menginspirasi para orangtua untuk mengembangkan karakter tangguh anak, membuat mereka juga merasa aman dan tenang bahwa anak-anak mereka akan siap menghadapi kehidupan yang semakin kompleks dan berubah ini,” tutupnya. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *