BisnisNasional

Targetkan Akses Internet Berkualitas dan Terjangkau, Surge Mulai Bangun Jaringan Fiber Optik di Pulau Jawa

7
×

Targetkan Akses Internet Berkualitas dan Terjangkau, Surge Mulai Bangun Jaringan Fiber Optik di Pulau Jawa

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, (Suarapubliknews) – PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (IDX: WIFI) tengah mempercepat langkah pembangunan jaringan fiber optik di sepanjang jalur rel kereta milik PT Kereta Api Indonesia (Persero). Pembangunan ini ditujukan untuk menghadirkan layanan internet lebih berkualitas, terjangkau, dan berkapasitas besar bagi masyarakat dan pelaku UMKM di sepanjang jalur pulau Jawa.

CEO Surge, Hermansjah Haryono mengatakan hingga kini Surge telah berhasil membangun 45 km untuk wilayah jalur kereta Jabodetabek dan Bandung Raya. Pembangunan kabel serat optik tahap 1 ini merupakan komitmen awal Surge untuk dapat mendukung kualitas hidup masyarakat lewat konektivitas, dimana tahun ini fokus pada pembangunan di Pulau Jawa. Jaringan fiber optik yang akan dibangun sepanjang 2.800 km.

“Karena dibangun di sepanjang jalur kereta api, tak hanya lewati kawasan industri Cikarang, tetapi pembangunan akses internet ini juga akan banyak melewati daerah pemukiman dan perumahan penduduk, sentra UMKM, bahkan kota kecil maupun desa yang ada di Jawa Tengah dan sekitarnya. Kami harap langkah ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat maupun pelaku bisnis lokal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah melalui transformasi digital,” katanya.

Sejak akhir 2019, Surge bekerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk pembangunan fiber optik di sepanjang rel kereta api sepanjang 2.800 km atau di 24 stasiun yang terletak di 9 daerah operasional KAI.

Pengembangan ini didesain untuk meningkatkan jaringan infrastruktur data yang sangat cepat dan stabil di pulau Jawa yang dapat memfasilitasi konektivitas internet dengan kapasitas bandwidth (jumlah maksimum data yang dikirimkan melalui koneksi internet dalam jangka waktu tertentu) sangat besar, sampai dengan 15.000 Gbps.

Kapasitas bandwidth sebesar ini dihadirkan berdasarkan studi kelayakan yang dilakukan Surge dengan PT KAI dengan memperkirakan kebutuhan bandwidth di Indonesia 10 tahun mendatang berdasarkan multiple point of presence, yakni setiap kota dan stasiun yang dilewati di pulau Jawa dan Sumatera.

“Selain menghadirkan koneksi internet yang berkualitas namun terjangkau bagi masyarakat dan pelaku UMKM, dari sisi bisnis kami sangat terbuka untuk kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan misi untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia. Tidak hanya dapat memudahkan perusahaan penyedia internet, data center atau kantor yang memiliki cabang antar kota yang ingin menyewa kabel serat optik yang lebih dekat dari sisi jarak, lebih stabil dari sisi koneksi, dan lebih kompetitif dari sisi biaya,” tambah Hermansjah.

Surge juga menyediakan tambahan bandwidth dan fasilitas data center di Cikarang sehingga pelanggan dapat meningkatkan kualitas pelayanan langsung kepada pengguna dan masyarakat di kota-kota sekitar. Perangkat dari Surge dapat menyediakan dari 10 sampai 100 GB bandwidth tergantung estimasi permintaan pelanggan.

“Berbagai layanan ini akan mengintegrasikan periklanan digital yang terprogram dengan free wifi dan dukungan kabel serat optik. Kami sangat terbuka dengan kolaborasi berbagai pihak seperti pemerintah pusat dan daerah, Internet Service Provider, pemilik data center, startup, perusahaan telekomunikasi dan internet lainnya untuk bersama-sama memanfaatkan jaringan yang Surge bangun. Selain mendukung peningkatan bisnis, kami harapkan pembangunan jaringan fiber optik pada juga memberikan kontribusi nyata sekaligus tingkatkan kualitas hidup masyarakat dan UMKM sekitar,” tutupnya. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *