Tarik Wisatawan, KBS Buka Dua Wahana Baru Sekaligus Tambah Kuota Pengunjung

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka berbagai destinasi wisata selama libur cuti bersama dan libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Salah satu alternatif wisata yang dibuka adalah Kebun Binatang Surabaya (KBS).

Para pengunjung yang hendak mengunjungi KBS, bisa langsung membeli tiket secara on the spot mulai pukul 08.00-16.30 WIB. Pembayaran tiket juga bisa dilakukan secara non tunai menggunakan BRIZI/QRIS dan dompet digital lainya, dengan harga Rp 15.000 per orang.

Humas KBS Agus Supangkat mengatakan para pengunjung diharapkan sudah menyiapkan diri sebelum berkunjung dan memastikan dalam kondisi baik dengan tetap menerapkan prokes. Serta, dilarang menggelar tikar di area KBS.

“Untuk menarik daya tarik wisata, kami telah membuka dua wahana baru, yakni The Adventure Aquanoctudio Park of Zoorabaya yang merupakan pengembangan dari wahana aquarium dan Story Animal Studio yang memutarkan beberapa film edukasi tentang satwa,” kata Agus, Selasa (3/5/2022).

Pada wahana The Adventure Aquanoctudio Park of Zoorabaya, pengunjung akan diajak berpetualang sambil mengenal beragam satwa ikan, reptil, dan satwa yang aktivitasnya di malam hari atau dikenal dengan satwa Nocturnal. Wahana ini juga dilengkapi dengan beragam koleksi satwa awetan untuk sarana edukasi di ruang Diorama.

“Wahana lainnya yang tetap menarik untuk dikunjungi antara lain Wahana Kid Zoo, Animal Edutainment, Wisata Perahu, Animal Story dan Tunggang Onta. Dengan koleksi satwa sebanyak 2.100 satwa yang terdiri dari 212 jenis dan dilengkapi juga dengan beragam koleksi tanaman akan menambah suasana nyaman lebaran,” terang dia.

Agus optimis bahwa akan terjadi kenaikan pengunjung. Sebab, pada libur Hari Raya Idulfitri tahun 2021 lalu,  tercatat sebanyak 30 ribu pengunjung telah berkunjung ke KBS. “Kami optimis bahwa ada kenaikan pengunjung selama libur lebaran ini, khususnya Kota Surabaya resmi menerapkan PPKM Level 1. Kami membuka kuota per harinya, sebanyak 10 ribu pengunjung, hari ini sudah mencapai 9.897 ribu pengunjung. Kemarin pada perayaan libur lebaran hari pertama, Senin (2/5/2022) mencapai 3.400 ribu pengunjung yang datang ke KBS,” jelas dia.

Di sisi lain, Agus menjelaskan khusus pada masa libur lebaran mulai tanggal 2-8 Mei 2022, pengunjung yang menggunakan kendaraan sepeda motor atau roda dua (R2) bisa memarkirkan kendaraannya di tempat parkir KBS di sebelah pintu masuk. Sedangkan untuk pengunjung yang menggunakan mobil atau bus (R4) bisa memarkirkan kendaraan di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ).

“Kami bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya juga berupaya untuk mengantisipasi terjadinya penipuan tarif parkir oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,” tegas dia.

Ia juga mengimbau para pengunjung untuk tidak lengah dan selalu mematuhi proses selama berada di area KBS. Sebab, sebanyak 80 personel dari Tim Satgas Covid-19 KBS akan tetap memantau, menghimbau, dan mengajak pengunjung untuk taat protokol kesehatan.

“Untuk lebih memberikan keamanan dan kenyamanan selama libur lebaran, kami juga dibantu oleh 103 personal gabungan dari Polsek Wonokromo, Polrestabes, Garnisun, Koramil Wonokromo, Dishub Kota Surabaya, Satpol PP Kota Surabaya, BPBD Kota Surabaya, Pramuka dan Pasukan kuning,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Surabaya Tundjung Iswandaru mengatakan para pengunjung KBS bisa memanfaatkan alternatif tempat parkir di Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), apabila tempat parkir di area halaman KBS penuh. Sebab, lokasi TIJ tidak jauh dari KBS, serta lebih aman dan terhindar dari penipuan tarif parkir oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“TIJ dapat menampung beberapa kendaraan, diantaranya adalah mobil, sepeda motor, bus, dan elf. Tarif parkir yang diberlakukan di TIJ merupakan tarif parkir progresif, mulai dari Rp 3.000 untuk R4 dan Rp 2.000 untuk R2,” pungkasnya. (q cox)

Reply