NasionalPemerintahan

Tim Forum KKS Tanbu Gelar Rakor Menuju Desa ODF

18
×

Tim Forum KKS Tanbu Gelar Rakor Menuju Desa ODF

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Tim Forum Kabupaten Kota Sehat (KKS) menggelar Rapat Sosialisasi dan Koordinasi Kabupaten/Kota Sehat di Ruang Rapat Kecamatan Matewe, Senin (25/10/2021) pagi.

Acara dibuka oleh sekretaris Camat Mantewe, Sartoyo, dan dihadiri oleh Tim Forum KKS Kabupaten Tanah Bumbu dan seluruh kepala desa di kecamatan Mantewe serta perwakilan puskesmas.

Sekcam Sartoyo menyatakan, pada prinsipnya program Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja, namun merupakan milik semua instansi yang ada di daerah.

“Ke depan diharapkan dapat mendekatkan berbagai program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah kepada masyarakat karena dilakukan melalui pendekatan peran aktif masyarakat serta lebih ditekankan kepada ‘proses’ daripada ‘output’,” ucapnya.

Sementara itu Ketua Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu Fawaisa Mahabathain menyampaikan, bahwa Kabupaten Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten Kota yang bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

“salah satu indicator yang paling utama adalah dimana setiap Desa telah dinyatakan Desa ODF (Open Defecation Free) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan, sehingga Desa ODF adalah desa yang 100% masyarakatnya telah BAB di jamban sehat,” ujarnya.

Pada penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat ini dilakuan sesi tanya jawab oleh para kepa desa kepada Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu dengan penyampaian beberapa usulan, diantaranya terkait jamban sehat, pengelolaan sampah dan terkait pencemaran air sungai oleh oknum-oknum usaha tambang yang kurang bertanggung jawab.

Usai kegiatan tersebut Tim Forum Kabupaten Kota Sehat Kabupaten Tanah Bumbu melanjutkan kegiatan yang sama di kecamatan Karang Bintang. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *