Tingkatan SDM di Bidang Pariwisata, Pemkab Tanbu Lakukan MoU dengan AKPARNAS Banjarmasin

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) –Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama Akademi Pariwisata Nasional (AKPARNAS) Banjarmasin melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka peningkatan SDM bidang pariwisata.

MoU ditandatangani Bupati Tanah Bumbu H. Zairullah Azhar, Kamis (12/08/2021) sore di Kantor Bupati Tanah Bumbu.

Disampaikan Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Hamaluddin Tahir, dengan melihat kondisi potensi Kabupaten Tanah Bumbu memungkinkan untuk kemajuan dan pengembangan pariwisata

Kerena itu guna mengangkat SDM kepariwisataan di Tanah Bumbu akhirnya Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata berkoordinasi dengan Akademi Pariwisata Nasional Banjarmasin tentang konsep pengembangan kepariwisataan Tanah Bumbu melalui perkuliahan di Kampus AKPARNAS.

Dengan konsep yang sama, akhirnya disepakati melakukan MoU dengan menguliahkan pemuda yang ada di Tanah Bumbu sebanyak 30 orang yang berasal dari Pokdarwis, Duta Wisata serta dari karyawan honorer yang ada di Tanah Bumbu.

Untuk perkuliahan tatap muka AKPARNAS tersebut, rencananya akan meminjam aula SMAN I Simpang Empat dengan jumlah mahasiswa sebanyak 30 orang. Sedangkan selama pandemi, perkuliahan berupa sistem daring.

Menurut Direktur Akademi Pariwisata Nasional Banjarmasin, Indra Saputra, ini adalah satu langkah awal untuk dapat bersama-sama untuk membangun pariwisata khususnya dibidang SDMnya.

AKPARNAS adalah akademi DIII yang terakreditasi secara program studi, institusinya juga terakui dan mempunyai semua dosen berkompeten dibidangnya. AKPARNAS memiliki motto yaitu agamis, profesional, unggul dan kompetitif.

Bupati Tanah Bumbu H. Zairullah Azhar dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah mempunyai komitmen untuk membangun SDM terutama di sektor pariwisata.

Pariwisata adalah salah satu sumber kegiatan yang diharapkan mampu memberikan sesuatu yang penting bagi daerah bahkan bisa menjadi sumber pendapatan daerah yang sifatnya berkelanjutan. Dengan melihat daerah lain sebagai perbandingan, pariwisata menjadi sumber utama pendapatan.

Di Bumi Bersujud sendiri banyak wilayah yang menjadi destinasi pariwisata alam seperti laut, gunung dan lain sebagainya. Pemerintah daerah berharap akan banyak hal positif yang didapat dari perkembangan itu.

Bupati berharap pada mahasiswa baru nantinya berhasil semua dalam pendidikannya.

“Kuncinya adalah ketekunan serta disiplin, kembangkan waktu dan kesempatan yang luar biasa ini dengan belajar,” ujar Bupati mengakhiri sambutannya. (q cox, Imran)

Reply