PeristiwaPolitik

Tingkatkan Kerjasama Sister City, Pimpinan DPRD Surabaya Terima Kunjungan Kedutaan Inggris

51
×

Tingkatkan Kerjasama Sister City, Pimpinan DPRD Surabaya Terima Kunjungan Kedutaan Inggris

Sebarkan artikel ini

SURABAYA 9Suarapubliknews) – Upaya pembangunan Kota Surabaya demi memperkuat jejaring untuk menjadi Kota Dunia terus dilakukan dengan mempererat kerja sama menjadi strategi bagi pemerintah daerah.

Hal ini terekam dalam momen Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti bersama Laila Mufidah saat menyambut kunjungan delegasi kedutaan Inggris beserta perwakilan konsulat jenderal, Rabu (8/3).

Agenda bertempat di ruang kerja Pimpinan DPRD tersebut. Adapun kegiatan ini dalam rangka untuk menjalin sinergi antara Inggris dan Surabaya.

Mengawali agenda ini, Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menyampaikan ucapan selamat datang dan menerima hangat kedatangan tamu asal Britania Raya itu.

Poin utama pembahasan pertemuan ini menyangkut perpanjangan MoU antara Surabaya dan Liverpool sebagai sister city dan memperluas area kerja sama.

“Tentu kerja sama yang bersifat setara dan saling menguntungkan ini menjadi prinsip hubungan antar kota secara lintas negara, ya,” ucapnya.

Kemitraan strategis ini semakin memperpanjang dan memperkuat relasi kedua kota dari berbagai bidang, baik pendidikan, sains dan teknologi, pembangunan berkelanjutan, dan masih banyak lagi lainnya.

“Koneksi baik ini harapannya bisa semakin membawa kemajuan bagi Surabaya dalam mewujudkan kota kelas dunia, humanis dan berkelanjutan,” terangnya.

Lawatan delegasi Inggris ini juga turut mendukung upaya Surabaya untuk mencapai visi dan misi Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya demi kemajuan bersama.

Juliana Richter; Deputy Head of Second Cities, Network, and Strategy, menyatakan bahwa ikatan dan kedekatan antara Inggris dan Surabaya telah terjalin sejak lama.

“UK has very strong links to Surabaya and to Java and we do want to keep building on those relationships,” ucapnya.

Dikatakan, selain di sektor pemerintahan, kunjungan delegasi ini juga merupakan peluang kolaborasi lebih jauh untuk sisi maritim, kesehatan, serta universitas.

“We should keep expanding and building even closer ties to Surabaya,” tutupnya.

Sesi pertemuan diakhiri pemberian cinderamata dari kedua belah pihak. Ketel antik dengan nilai historis diserahkan delegasi kedutaan Inggris pada pimpinan dewan itu.

Sebaliknya, kain batik dengan corak dan motif logo Suro dan Boyo yang erat menjadi ciri khas Kota Pahlawan pun menjadi buah tangan bagi perwakilan sister city Liverpool-Surabaya itu. (q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *