NasionalPemerintahan

Tingkatkan Kualitas SDM Napi, BLK dan RIK Sasar Bapas Batulicin

42
×

Tingkatkan Kualitas SDM Napi, BLK dan RIK Sasar Bapas Batulicin

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) – Tim Balai Latihan Kerja (BLK) Tanah Bumbu (Tanbu) bersama Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) bertandang ke Lapas Kelas III Batulicin dengan membawa misi pengembangan sumber daya manusia, Kamis (27/4/2023).

Kedatangan Tim BLK dan RIK disambut langsung oleh TasrahKasubsi Pembinaan Lapas, yang menyambut baik program yang ditawarkan BLK dan RIK berupa kerjasama pembinaan terhadap warga binaan dalam hal ini yakni pelatihan keterampilan di bidang usaha.

“Luas area Lapas Batulicin yang mencapai tujuh hektare ini sangat memungkinkan untuk tempat praktik keterampilan bagi para warga lapas,” ucapnya.

Menurutnya, program pembinaan ini sejalan dengan upaya yang dilakukan lapas terhadap para narapidana agar ketika bebas bisa menjalani kehidupan sosial secara normal.

“Dengan harapan, ke depannya mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan wirausaha jika telah bebas dari masa hukuman,” tururnya.

Sejauh ini, lapas tertarik untuk menggelar pelatihan dan praktik budidaya jamur tiram.

Tasrah berharap, kunjungan ini menjadi awal yang baik, sehingga tujuan positif tersebut dapat terealisasi secara maksimal.

“Ini dapat menjadi awal yang baik bagi kolaborasi antara Lapas Batulicin, BLK, dan RIK dalam memberikan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi warga lapas,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua RIK Anwar Ali Wahab menjelaskan mereka telah menawarkan kolaborasi pengembangan keterampilan untuk warga binaan lapas.

Menurutnya, ini adalah salah satu program yang dijalankan bersama BLK.

“Kami ingin memberikan pelatihan-pelatihan yang lebih luas dan bervariasi dengan harapan dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi para warga lapas untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, ia menekankan, bersama BLK pihaknya memiliki komitmen untuk terus berupaya menggenjot segala potensi pengembangan di tengah masyarakat. Tujuannya jelas, agar Tanbu memiliki SDM yang unggul.

“Kami memiliki komitmen yang sama,” pungkasnya.

Pada kesempatan kunjunhan itu, juga ada penyerahan sertifikat pelatihan untuk pihak lapas yang diserahkan langsung oleh Kepala BLK, Riza Ahyari kepada Tasrah. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *