Tingkatkan Kualitas SDM, Warga Desa Satui Dilatih Manajemen BUMDes

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – 22 Warga Desa di Kecamatan Satui dilatih manajemen BUMDes dalam rangka peningkatan Sumber Daya warga yang terlibat dalam pengurusan tersebut.

Pelatihan BUMDes ini merupakan bentuk kerjasama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu bekerjasama dengan PT Arutmin Indonesia Tambang Satui dan mitra kerjanya yaitu PT CLS, PT PAMA dan PT STU

Pelatihan dibuka oleh Plt Camat Satui, M. Taufik. Dan dilaksanakan di Satui Community Center Desa Sungai Cukadari 19 hingga 20 Januari 2021.

Dalam kegiatan pelatihan ini peserta diberikan materi tentang Dasar – Dasar Hukum BUMDes, Penyusunan Anggaran BUMDes, Investasi, Keuangan, Pelaksanaan Anggaran, Pertanggung Jawaban Usaha, Pembuatan Laporan dan Pengawasan Usaha BUMDes.

Materi pelatihan sendiri disampaikan oleh Tenaga Ahli bidang Pemberdayaan Ekonomi T3MD Kementerian Desa, Iryandi, Kabid PEPD Dinas PMD, Sartika Dewi dan Pejabat Fungsional PSM Dinas PMD, Shaleh Rahmatullah.

Wakil Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Satui M. Huzen Suryawardhana mengatakan pelatihan ini dilakukan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia khususnya untuk Kepengurusan BUMDes.

Disampaikannya, hal ini sesuai dengan komitmen perusahaan yang tertuang dalam MoU dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan pelatihan diharapkan dapat menambah kompetensi para pengurus BUMDes sehingga lebih maksimal lagi dalam mengelola usaha-usaha BUMDes.

“Ini merupakan langkah awal, kedepannya akan ada pelatihan-pelatihan serupa yg bertujuan meningkatkan kompetensi Pengurus BUMDes dalam waktu dekat. Kami bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa akan terus mendampingi rekan-rekan BUMDes di Satui untuk terus mengembangkan usaha-usaha di BUMDes dan kami akan merangkul BUMDes untuk bersama-sama menjalankan usaha dan membentuk ekonomi dimasing-masing Desa,” paparnya.

Plt Camat Satui M. Taufik menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada pihak perusahaan dan para mitra kerjanya atas pelatihan yang dilaksanakan itu.

“Kami harap dengan adanya pelatihan-pelatihan semacam ini bisa memberikan nilai positif kepada masyarakat dan memberikan kemajuan dalam melakukan usaha yang ada di BUMDes,” ujarnya.

Sementara itu, peserta yang berasal dari 12 Desa di Satui, diantaranya BUMDes Pandamaran Jaya, BUMDes Sungai Danau, BUMDes Satui Timur, BUMDes Tegal Sari, BUMDes Sejahtera Mulia, BUMDes Makmur Mulia, BUMDes Wonorejo, BUMDes Al- Kautsar, BUMDes Sinar Bulan, BUMDes Sekapuk, BUMDes Setarap dan BUMDes Sungai Cuka. (qcox, Imran)

Reply