Tinjau Ribuan Pekerja Industri Disuntik Vaksin, Wali Kota Eri Ucapkan Terima Kasih pada Polda Jatim

SURABAYA (Suarapubliknews) – Percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Surabaya semakin gencar dilakukan. Kali ini, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar di Kenpark, Kenjeran, Sabtu (26/6/2021). Vaksinasi tersebut, merupakan program yang digagas oleh Polda Jawa Timur (Jatim) dengan sasaran pekerja industri yang bekerja di Kota Pahlawan.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Surabaya Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas program satu juta vaksin dari Polri khususnya Polda Jatim. Ia memaparkan, vaksin yang ditujukan kepada seluruh karyawan baik yang terdaftar sebagai warga Surabaya maupun bukan, tetap mendapatkan vaksin karena terdaftar sebagai pekerja industri yang berada di wilayah Surabaya.

“Sekali lagi terima kasih, saya berharap seluruh pekerja dari industri di Jatim. Terutama warga Surabaya semuanya bisa tervaksin,” kata Cak Eri sapaan akrabnya.

Cak Eri meminta, meskipun warga sudah disuntik vaksin, namun tidak berarti abai pada protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Apalagi, menurut dia, di tengah wabah dengan varian virus baru itu, ia terus menekankan agar masyarakat dapat semakin memperketat prokes dimanapun mereka berada.

“Semoga vaksin ini bisa menambah imunitas tubuh, supaya bisa mengurangi resiko penularan Covid-19,” urainya.

Selain itu, orang nomor satu di lingkup Pemkot Surabaya ini memaparkan, untuk target sasaran kali ini berjumlah 4 ribu orang. Namun begitu, ia memastikan hari ini sudah mencapai 2 ribu penerima vaksin. Cak Eri juga meminta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya Febria Rachmanita dengan panitia dari Polda Jatim untuk terus berkolaborasi mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 khususnya dengan sasaran pekerja industri.

“Harapannya seluruh warga yang memiliki mobilitas di Surabaya sudah tervaksin,” jelas dia.

Di samping itu, Wali Kota Eri menambahkan, berdasarkan data rekapitulasi cakupan vaksinasi hingga hari ini sudah mencapai 1.392.169 juta jiwa. Dari angka itu, dia memastikan percepatan vaksinasi akan terus gencar dilakukan. Bahkan, dalam sehari kemarin, (25/6/2021) pertambahan cakupan vaksinasi dosis satu berjumlah 13.052 orang.

“Khusus kemarin saja, untuk pelayanan publik ada 3.249 orang, masyarakat rentan 1.941 jiwa, masyarakat umum 6.063 orang, pra lanjut usia (lansia) 1.431 orang. Kemudian, lansia 263 orang dan Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) berjumlah 105 orang,” paparnya.

Di samping itu, ia mengajak seluruh warga Surabaya untuk saling menjaga satu sama lain serta  bangkit bersama dengan melakukan berbagai upaya preventif untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Cak Eri pun meminta kegotong-royongan warga untuk sama-sama membantu pemerintah kota (pemkot) dalam menangani pandemi Covid-19.

“Kita perketat 5M, dengan penanganan tracing, testing dan treatment (3T). dan kebut vaksin agar dapat menambah imunitas warga sehingga mengurangi resiko penularan Covid-19. Saya berharap pengertian warga untuk sama-sama menyelesaikan persoalan ini,” pungkasnya. (q cox)

Reply