BisnisJatim Raya

Transjawa Tollroad Regional Division Tetap Pastikan Kesiapan Siaga Lebaran 2020

23
×

Transjawa Tollroad Regional Division Tetap Pastikan Kesiapan Siaga Lebaran 2020

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) tetap memastikan kesiapan Siaga Lebaran 2020 di tengah pandemi. Persiapan19 juga dilakukan Jasa Marga Grup di Wilayah Jawa Timur, yaitu Representative Office 3 JTT, PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri, PT Jasamarga Surabaya Mojokerto, PT Jasamarga Pandaan Tol, PT Jasamarga Gempol Pasuruan dan PT Jasamarga Pandaan Malang serta PT Jasamarga Related Business Wilayah V Jawa Timur.

General Manager Representative Office 3 JTT Ruas Surabaya-Gempol Hendri Taufik mengatakan persiapan tersebut meliputi Kesiapan Layanan Utama, yaitu Layanan Transaksi, Layanan Lalu Lintas, Layanan Pemeliharaan serta Kesiapan Layanan Pendukung dan Pelayanan.

Prediksi waktu peningkatan volume lalu lintas akan terjadi pada tanggal 21 Mei 2020 untuk puncak lalu lintas yang meninggalkan Surabaya. “Kami akan memantau lalu lintas pada Gerbang Tol (GT) utama seperti GT Kejapanan Utama, GT Sidoarjo 2, dan GT Waru Utama. Ada total 113 gardu dari keseluruhan GT pada ruas Surabaya-Gempol yang akan dioperasikan pada saat Lebaran tahun 2020 ini,” katanya.

Terdapat 4 titik yang berpotensi terjadi antrian di ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol, yaitu di GT Kejapanan Utama, GT Sidoarjo, sekitar Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) 754 A dan TIP 753 B serta di GT Waru Utama.

Untuk memastikan layanan operasional tetap berjalan baik, JTT juga telah menyiapkan langkah antisipatif jika terjadi antrian kendaraan atau kepadatan lalu lintas seperti: Percepatan penanganan gangguan; Distribusi beban lalu lintas (pengalihan rute di tol atau ke arteri); Optimalisasi kapasitas jalur (Contraflow); Percepatan distribusi informasi (VMS dan kerjasama dengan Media); Informasi Terpadu antara Ruas dengan Kantor Pusat dan Ketersediaan Nomor Telepon Penting di Senkom: Pelayanan Derek, Rumah Sakit, Pos Keamanan, PMI, Bengkel, SPBU, Pemadam Kebakaran, dll; Persamaan Persepsi dengan Instansi Terkait serta Pemenuhan Petugas Siaga Lebaran Untuk Pelayanan Lalu Lintas

Sementara itu, untuk kesiapan pelaksanaan konstruksi sampai saat ini JTT ruas Surabaya-Gempol masih melakukan pekerjaan konstruksi di lapangan untuk memastikan jalan tol selalu terpelihara dan memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

“Namun untuk memastikan operasional jalan tol berjalan lancar, kami juga akan melakukan pemberhentian kegiatan proyek di jalan tol mulai H-3 (21 Mei 2020 pukul 00.00) s.d HH (25 Mei 2020 pukul 24.00),” tambah Hendri.

Dalam rangka pencegahan Covid-19, JTT melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 di Jalan Tol Surabaya-Gempol, seperti melakukan sosialisasi, edukasi, dan penyampaian metode pencegahan, pemeriksaan petugas, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, penyediaan hand sanitizer pada sarana publik, dan pengukuran suhu tubuh sebelum petugas bekerja.

“Meski demikian, kami mengimbau masyarakat agar menaati peraturan yang ditetapkan Pemerintah untuk tetap di rumah guna menekan penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Untuk di Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)/Rest Area, PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku pengelola TIP sudah melakukan prosedur pelaksanaan pencegahan penyebaran Covid-19 di TIP seperti pemasangan himbauan, screening suhu pengunjung, pemberlakuan parking distancing, physical distancing di area toilet, musholla, pujasera, minimarket, dan atm.

Kepala Wilayah V Jawa Timur PT JMRB, Agung Purwanto mengatkan mendekati H-3 sampai dengan H+2, kita lebih meningkatkan pada pemeriksaan suhu badan pengguna jalan yang memasuki Rest Area dengan kegiatan screening.

“Apabila ditemukan pengunjung rest area yang suhunya melebihi 38° C, akan diarahkan untuk transit di ruang isolasi pada Rest Area kemudian akan dijemput oleh petugas dari Rumah Sakit rujukan terdekat,” tutupnya. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *