Wabup Tanbu Pimpin Apel Gabungan Sekaligus Buka Kegiatan TMMD Ke 144 Tahun 2022

BATULICIN (Suarapubliknews) – Wakil Bupati Tanah Bumbu Muh. Rusli, memimpin apel gabungan dalam rangka Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 144 Tahun 2022 di halaman kantor Bupati, yang mengambil tema “TMMD Dedikasi Membangun NKRI”. Selasa (26/07/2022)

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Muh. Rusli mengatakan bahwa kegiatan TMMD ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat, sebagai perwujudan komitmen moral TNI, untuk ikut ambil bagian bersama-sama dengan Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat. Terutama dalam pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

“Oleh karena itu, saya berharap melalui program TMMD ke-114 ini akan terbangun kerja sama antara TNI khususnya Kodim 1022/Tanah Bumbu dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan kita saling bersinergi tetunya akan mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah di Bumi Bersujud ini,” kata Wakil Bupati Tanbu.

Kegiatan TNI Mangunggal Membangun Desa bukan hal yang baru akan tetapi sudah berjalan sejak lama dan merupakan salah satu program Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu, dan lintas sektoral bersama Kementrian/LPNK, Pemerintah Daerah, serta komponen Masyarakat, sebagai upaya mendukung program Pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

“Saya berharap sinergitas TNI dengan pemerintah daerah terus terjaga guna mewujudkan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu,” pungkasnya.

Kegiatan TMMD tahun ini digelar di Desa Sumber Arum, Kecamatan Satui dengan menerjunkan personel sebanyak 150 personel dari TNI AD, Polri dan unsur masyarakat setempat yang turut serta membantu kegiatan TMMD tersebut.

Dalam sambutanya, Dandim 1022/TNB Letkol CPN Rahmat Trianto mengatakan bahwa kegiatan TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraaan masyarakat di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu khususnya di Desa Sumber Arum, Kecamatan Satui.

“Adapun kegiatan TMMD kalli ini ada 2 sasaran yakni pertama sasaran fisik pengerasan jalan sepanjang 5 kilometer dan pembuatan gorong gorong, yang kedua renovasi rumah warga,” kata Damdim 1022 /TNB.

Selain itu, kegiatan TMMD ini merupakan salah satu operasi bhakti TNI dan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta instansi-instansi yang ada.

“Dalam kegiatan ini kami menerjunkan 150 orang personil dari TNI AD yang dibantu oleh Polri dan unsur masyarakat setempat, dengan jangka waktu kegiatan selama 1 bulan sejak tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus 2022 mendatang,” imbuhnya.

Turut berhadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD, Kejari, Kapolres, Sekda, Danlanal dan seluruh Kepala SKPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. (q cox, Imran)

Reply