Wagub Emil: Guru TK Jadi Pilar Penting dalam Cerdaskan Generasi Bangsa

SURABAYA (Suarapubliknews) – Pada peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) PGRI Jatim, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menegaskan bahwa Guru TK memiliki peran di dalam menjadi pilar penting dalam upaya mencerdaskan generasi bangsa.

“Kita semua bersepakat jika guru merupakan sebuah profesi yang sangat mulia, namun para Guru TK yang mengajar anak usia sekolah yang awal inilah yang memiliki peran penting dalam mencerdaskan generasi bangsa,” ungkapnya saat menghadiri HUT IGTKI PGRI ke 72 di Stadion Jala Krida AAL Bumimoro, Surabaya, Minggu (29/5).

Ia mengatakan, peran dari para guru yang tergabung dalam IGTKI inilah bisa menjadi pilar utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui didikan yang mengedukasi. Banyak anggapan yang menyebutkan, bahwa mengajar anak anak di TK belum cukup di dalam menentukan pondasi anak. “Anggapan ini menurut kami terbalik, justru mendidik anak di fase awal semakin menentukan tumbuh kembang dari seorang anak,” ujar Wagub Emil.

Menurutnya, proses tumbuh kembang dan potensi kemampuan anak di awal fase sekolah harus ditangkap oleh para guru guru TK untuk diajarkan di TK. Jadi semakin awal kita mendidik akan semakin menentukan proses tumbuh kembang anak dan lebih mempercepat menjadi pilar kemajuan generasi bangsa.

“Jadi guru TK ini memiliki tugas membentuk pola pikir, tumbuh kembang dan menggali potensi anak sejak usia TK yang harus dilakukan sejak awal usia mereka mendapatkan pendidikan,” terangnya.

Suatu bangsa dikatakan besar tidak hanya berpusat pada kemajuan di sektor pembangunan infrastruktur seperti jalan hingga gedung semata. Melainkan, ada peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang didalamnya akan mengungkit segala kemajuan dari bangsa itu sendiri.

“Jadi Bangsa Indonesia besar saat ini bukan hanya ada batu bata, besi dan beton semata melainkan ada peran dari guru guru yang mencetak generasi bangsa melalui kualitas sumber daya manusianya,” ujarnya.

Wagub Emil berdoa, di HUT IGTKI ke 72 bisa memiliki peran yang begitu luar biasa dengan harapan setiap guru guru TK ini bisa terus kompak dan bisa menjadi mitra pemerintah dalam mencetak generasi bangsa melalui inovasi inovasi pendidikan di semua jenjang pendidikan utamanya TK.

Pemerintah, tidak bisa 100 persen memenuhi permintaan dan keinginan dari para guru guru TK ini. “Kami selalu berikhtiar agar berjuang bersama para guru guru untuk menjadi lebih baik dibandingkan hari ini,” urainya.

Ketua IGTKI PGRI Jatim Soeprihatin mengatakan, selama ini IGTKI akan terus berjuang memberikan yang terbaik bagi para guru guru TK di Jatim. Peran Guru TK yang menjadi guru pertama dan utama harus diberikan apresiasi oleh pemerintah melalui peningkatan status mereka.

Ia menegaskan, IGTKI PGRI Jatim akan berupaya meningkatkan diri membekali kemampuannya dengan teknologi. “Mari kita belajar dengan teknologi jangan sampai lemah. Kekuatan IGTKI harus menjadi kekuatan yang modern dan menguasai teknologi oleh para guru guru,” tutupnya. (Q cox, tama dinie)

Reply