Wagub Emil Harapkan Terpilihnya Kepengurusan KONI Jawa Timur Semakin Dongkrak Prestasi Para Atlet

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menghadiri kegiatan Pelantikan Pengurus KONI Provinsi Jatim Masa Bhakti 2022-2026, yang dilaksanakan di Ruang Rapat Hayam Wuruk, Kantor Gubernur Jawa Timur Lantai VIII, Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya, Rabu (9/3).

Pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman tersebut mengukuhkan Muhammad Nabil sebagai Ketua KONI Jawa Timur. Yang keputusan tersebut tertuang sesuai dengan SK KONI No. 27 tahun 2022. Selain mengukuhkan Ketua KONI Jawa Timur, pelantikan tersebut juga mengukuhkan struktur organisasi baru pengurus KONI Jatim periode 2022-2026.

Wagub Emil mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan harapan dengan terpilihnya kepengurusan KONI Jawa Timur yang baru dapat lebih mendongkrak prestasi para atlet Jawa Timur.

“Semoga sukses mengantarkan prestasi para atlet Jatim yang sekaligus mendukung kesuksesan Indonesia, untuk Pak Nabil dan segenap jajaran Tentunya ini adalah awal yang baik bagi kita semua, kita sedang melihat beberapa tanda-tanda kebangkitan dari pandemi Covid-19. Tentunya kami berharap ini merupakan kebangkitan pula bagi para atlet Jawa Timur,” katanya usai pelantikan.

Wagub Emil menegaskan bahwa Pemprov Jatim senantiasa mendukung dan memprioritaskan pembinaan olahraga di Jawa Timur. Dimana, sekolah merupakan tempat bibit-bibit atlet muda dapat ditemukan.

“Ada harapan pembinan berjenjang dapat berjalan. Pembinaan kerja tim harus berlangsung baik. Terutama Kadispora dan Kadispendik harus berseiring karena sekolah juga merupakan salah satu sarana pembinaan,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, Pemprov Jatim ingin menjadi bagian strategi meningkatnya prestasi olahraga nasional. Sehingga dukungan dari KONI Jatim dan kabupaten/kota dibutuhkan agar dapat berjalan dengan lebih baik.

“Kita Dialog komunikasi dijalankan, ke depannya kami optimis. Semoga Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) yang sebentar lagi diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar, dimana ini sebagai sebuah pemanasan menuju ke PON nantinya. Terima kasih atas kerja keras dan dedikasi KONI Jatim, dan tentunya restu dari KONI Pusat, untuk para atlet, pelatih, manager tim dan pendukung,” lanjut Wagub Emil.

Pada kesempatan yang sama, Ketum KONI Pusat Marciano Norman menyampaikan, Jawa Timur merupakan lumbung atlet nasional. Dimana hal ini juga didukung dengan kompetensi pengurus KONI Jatim yang dianggap baik. “Karenannya apa yang telah dirintis harus menjadi pijakan loncat keatas meraih peringkat nomor satu,” pesannya.

Lebih lanjut Marciano menyampaikan, adapun cabang olahraga andalan yang diprediksi dapat meraih prestasi lebih baik yakni wushu dan pencak silat. Yang mana diketahui, Jawa Timur merupakan lumbung atlet Pencak Silat.

“Pencak silat karena bela diri asli indonesia. Dimana suatu hari kami harapkan dapat menembus medali. Oleh karenanya saya harapkan pengurus IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Jatim memberikan atensi desain besar nasional,” katanya.

Ketum KONI Jatim periode baru Nabil menambahkan tak hanya fokus meningkatkan prestasi atlet Jawa Timur, nantinya KONI Jatim juga akan juga mengembangkan ‘sport tourism’. Dimana adanyanya Sport Tourism ini diharapkan dapat mendatangkan wisatawan asing yang menyediakan tempat untuk digunakan sebagai sarana olahraga yang berdampak pada devisa daerah.

“Jatim potensial untuk itu. Karena itu, selain prestasi kita berbicara berbagai pihak bagaimana olahraga tidak hanya prestasi, melainkan ada rekreasi, bisnis ada kehadiran turis didaerah kita. Dan itu tidak mudah, kita koordinasi dengan Pemprov Jatim dan Ketua Umum serta Kadin Jatim untuk bagaimana pengembangan sport tourism ini dan menghasilkan devisa,” tutupnya. (q cox, tama dinie)

Reply