Jatim RayaPemerintahan

Wagub Emil: Hardiknas 2022, Momentum Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi

13
×

Wagub Emil: Hardiknas 2022, Momentum Pemulihan Pendidikan Pasca Pandemi

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menjadikan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei sebagai momentum pemulihan pendidikan pasca pandemi Covid-19.

“Pandemi menyadarkan kita pentingnya inovasi, teknologi serta peran keluarga dan lingkungan dalam pendidikan. Walaupun pembelajaran tatap muka kembali dilanjutkan, mari kita terus membangun kepedulian bersama terhadap pendidikan dan menumbuhkan semangat inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan,” katanya usai upacara peringatan Hari Pendidikan TNI AL (Hardikal) di Lapangan Laut Maluku Kodiklatal, Jumat, (13/5).

Disampaikan Wagub Emil, pendidikan adalah investasi masa depan bangsa dan merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya lembaga pendidikan, tetapi juga masyarakat. “Semoga kita bisa mewujudkan ekosistem yang mendukung pendidikan menyeluruh baik dalam dan luar sekolah, yang mencetak bukan saja penguasaan ilmu, tetapi karakter yang unggul dan berbudi pekerti luhur,” jelasnya.

Upaya mendukung pendidikan di Indonesia, pemerintah pusat melalui Kemenristekdikti mencetuskan kurikulum merdeka belajar. Kurikulum merdeka belajar, merupakan terobosan menjawab perubahan zaman. Targetnya bukan sekadar mengejar materi pelajaran, tetapi menerapkan pembelajaran kontekstual.

Lebih lanjut, dalam hal ini, tuntutan terhadap lulusan pendidikan semakin mengarah kepada kemampuan berpikir kritis, menerapkan ilmu dalam situasi yang melibatkan kompleksitas sosial, serta semakin tergantikannya pekerjaan yang bersifat rutin dengan kecerdasan buatan. “Tentu ini bukan perjalanan singkat, masih banyak ruang untuk penyempurnaan, tetapi kita harus konsisten dan terus berikhtiar bersama,” ungkap Wagub Emil.

Dengan demikian, Wagub Emil berharap hari pendidikan Nasional dijadikan momentum untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya SDM pendidikan di Jatim. Menurutnya, Jatim harus menjadi provinsi yang mengutamakan keunggulan SDM. Komitmen pemprov melalui tis-tas (gratis-berkualitas) menitikberatkan kepada upaya berkelanjutan mendorong peningkatan akses pendidikan (education for all).

Sementara itu, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono menambahkan, peringatan hardiktal menjadi momentum meningkatkan kualitas pembangunan sumber daya manusia di Jatim.

Dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jatim atas kerjasama dan  komitmen secara bersama-sama memajukan bangsa melalui pendidikan. “Letak lembaga pendidikan sebagian besar ada di Provinsi Jatim utamanya Surabaya,” tegasnya.

Dalam acara Dirgahayu Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) ke-76 Tahun 2022 tema yang diangkat, “Lembaga Pendidikan TNI Angkatan Laut Terus Berkomitmen Membangun Sumber Saya Manusia Unggul Guna Mewujudkan TNI AL yang Profesional, Modern dan Tangguh”. (Q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *