Hukrim

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Sambangi Lapas Porong

19
×

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon Sambangi Lapas Porong

Sebarkan artikel ini

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Lapas Kelas I Surabaya kedatangan tamu spesial. Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Fadli Zon mengunjungi Lapas yang terletak di Porong itu. Tujuannya, untuk melihat bagaimana kondisi, situasi dan pembinaan di Lapas.

Fadli datang beserta rombongan sekitar pukul 18.00 WIB. Dia disambut langsung Kadiv Pemasyarakatan Pargiyono dan Kalapas Surabaya Suharman. Pertemuan lalu digelar secara sederhana di Graha Sugeng Handrijo.

Pada kesempatan pertama, Suharman menjelaskan kondisi Lapas yang dipimpinnya. Menurutnya, kondisi Lapas Porong saat ini mengalami overkapasitas. Dari kapasitas ideal 1.050 orang, tetapi harus diisi hingga 2.550 orang. Dari jumlah itu, mayoritas penghuni dikategorikan high risk.

“Sebanyak 63% penghuni adalah WBP kasus narkotika. Ada juga 11 orang yang mendapat vonis hukuman mati dan 39 orang hukuman seumur hidup,” ujarnya. Sabtu (19/1/2019).

Selain itu, Suharman juga mengungkapkan jumlah WBP kasus terorisme yang berjumlah 6 orang. Dan kasus Korupsi 60 orang. “Sisanya dari kriminal umum,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Fadli mengungkapkan bahwa kunjungannya kali ini adalah dalam rangka menjalankan fungsinya sebagai wakil ketua DPR RI yang membidangi polhukam. Menurutnya, masalah overkapasitas adalah masalah klasik di seluruh Lapas si Indonesia.

Dampaknya pun cukup mengkhawatirkan. Mulai dari keamanan, logistik hinhha kesehatan. “Masalah overkapasitas ini sudah menjadi pembahasan kami di DPR, kami terus mencari solusi terbaiknya,” ujarnya.

Dia memberikan atensi terhadap jumlah WBP narkotika yang mendominasi jumlah penghuni. Menurutnya, pihak Lapas perlu memberikan perhatian yang lebih.

“Jangan sampai mereka kembali terlibat peredaran gelap narkotika baik di dalam maupun di luar Lapas,” tegasnya.

Suharman pun menerangkan bahwa pihaknya terus berupaya maksimal untuk memerangi peredaran gelap narkotika. Mulai dari upaya pencegahan hingga penggeledahan rutin secara terus menerus.

“Pembinaan terhadap pegawai juga terus kami galakkan, kami selalu mengingatkan agar pegawai menjaga integritasnya,” kata Suharman. (q cox)

Foto: Tampak Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Fadli Zon saat mengunjungi Lapas Klas I Surabaya di Porong, Sabtu (19/1/2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *