Wali Kota Eri: SIER Menjadi Kawasan Industri Percontohan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi berharap, perubahan struktur perusahaan SIER (PT Surabaya Industrial Estate Rungkut) menjadi holding di bawah PT Danareksa (Persero), membawa spirit baru bagi perusahaan. Yang muaranya mampu menaikkan jumlah dividen dan etos kerja yang baik.

“Tadi telah kita sampaikan, tidak ada yang berbeda atau tidak ada perbedaan dengan yang sudah-sudah, dengan yang sekarang menjadi holding di Danareksa. Yang penting hak-hak dan kewajiban tidak berubah dan menjadi kekuatan kita bersama,” ujar Wali Kota Eri, usai menerima kunjungan direksi PT SIER dan PT Danareksa di rumah dinas wali kota, Jalan Sedap Malam, Surabaya, Selasa (30/11/2021).

Wali Kota Eri optimis, dengan dibentuknya holding tidak akan mengubah yang sudah ada. Termasuk dalam pengambilan kebijakan seperti pengisian direksi dan komisaris. “Namun yang pasti, terkait dividen dan kinerja akan lebih meningkat lagi dari sebelumnya. Investasinya semakin banyak,” ungkapnya.

Selama ini, kata mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya ini, ketika ada kebijakan Pemkot Surabaya selalu diajak bicara. Begitu pula nanti setelah jadi holding, pihak Danareksa berkomitmen tidak akan mengubah yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Wali Kota Eri menilai, SIER selama ini sudah sangat baik. Sehingga SIER mampu menjadi pionir holding yang bisa dicontoh di tempat lain. “SIER adalah perusahaan yang Pemkot Surabaya memiliki saham di dalamnya. Semoga dengan adanya holding semakin meningkat devidennya,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Danareksa, Arisudono Soerono mengatakan, dalam pertemuan dengan Wali Kota Surabaya, pihaknya memberitahuna terkait pembentukan holding, dan manfaat yang bisa diberikan dari pembentukan holding tersebut.

Tentunya, pasti akan sesuai dengan keinginan wali kota. Kita tidak pernah memiliki rencana untuk mengubah pola kerja yang selama ini sudah terbentuk. Kita meneruskan apa yang sudah baik. Kita meneruskan apa yang sudah baik, dan mencoba memperbaiki apa yang bisa diperbaiki. Jadi tidak akan mengubah pola hubungan yang sudah ada,” ujar Arisudono.

Dia mengatakan, SIER selama ini sudah berjalan dengan baik. Sehingga kemungkinan yang bisa disempurnakan adalah proses kerja, peningkatan kapabilitas kompetensi sumber daya manusianya.

“Terkait peningkatan bisnis seperti pengembangan lahan industri, akan kita bicarakan lebih lanjut. Kami harus pastikan adanya investor. Danareksa akan mencari investornya itu. Jika sudah ketemu, kita cari tempatnya dimana. Yang pasti, dengan holding ini akan menjadikan SIER lebih baik lagi,” pungkasnya. (q cox)

Reply