Bisnis

Wirausaha, Cari Pengalaman Sebelum Memulai Usaha

17
×

Wirausaha, Cari Pengalaman Sebelum Memulai Usaha

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Revolusi Industri 4.0, tak hanya ramai jadi perbincangan dunia, tapi gaung soal industri generasi keempat ini juga terus dibahas di Indonesia. Apalagi sejak Presiden Joko Widodo meresmikan peta jalan atau roadmap yang disebut Making Indonesia 4.0.

Managing Director dari Boga Group Jawa Timur, Steven Tjan mengatakan seiring harapan Presiden sektor Industri 4.0 tersebut bisa menyumbang penciptaan lapangan kerja lebih banyak serta investasi baru yang berbasis teknologi.

“Namun implementasi industri generasi keempat itu harus diikuti dengan pembentukan ekosistem yang sehat dan berkesinambungan, agar efektif dan dapat menggerakkan seluruh sektor ekonomi,” katanya.

Dengan banyaknya perusahaan startup dan usaha berorientasi teknologi yang berkembang pesat bahkan organisasi besar mengalami transformasi digital dengan ambisius, banyak yang secara aktif mencari kerjasama dengan perusahaan startup digital yang menjanjikan.

“Untuk menjadi wirausahawan yang berhasil Anda harus memiliki minat tentang apa yang sedang kerjakan. Saya selalu ingin menjadi pengusaha itu sudah ada dalam diri saya senang menciptakan hal baru dan memecahkan sebuah persoalan,” katanya lanjut Steven.

Steven menekankan pentingnya pendidikan dan pengalaman dalam mendorong seseorang untuk fokus. Diakuinya, pendidikan universitas yang dia dapat sangat penting dalam membantu apa yang dia kerjakan. Pendidikan dan pengalaman di luar negeri sangat berharga mengajarkan cara-cara baru pendidikan yang berkualitas dan membangun ketekunan.

“Cari kesempatan untuk terus.belajar dan imbangi dengan pengalaman profesional sebelum kalian memulai sebuah bisnis. Tantangan terbesar untuk sebuah startup adalah menghasilkan profit tetapi untuk tetap dapat bertahan setiap pengusaha harus menghasilkan profit .yang berkelanjutan,” ulasnya.

Dia mengimbau, anak muda yang ingin menjadi pengusaha untuk menyelesaikan S1 lalu bekerja untuk orang lain dan mendapatkan pengalaman sebelum memulai usahanya. Karena dengan demikian pemula dapat memahami alur bidang usaha yang akan digeluti.

“Rumus untuk sukses adalah berpendidikan S1, memiliki pengalaman profesional selama 1 atau 2 tahun selesaikan S2, rnaka seseorang akan Iebih siap dalam menjalani startup. Memulai adalah hal yang mudah namun butuh waktu yang,lama untuk bisa bertahan di ke depannya,” tutupnya. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *