Jatim RayaPemerintahan

Arumi Lantik Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Nganjuk Masa Bhakti Sisa Jabatan 2018-2023

32
×

Arumi Lantik Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Nganjuk Masa Bhakti Sisa Jabatan 2018-2023

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) ~ Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak melantik Wahyuni Marhaen sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk Masa Bhakti Sisa Jabatan 2018-2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (10/4).

Pelantikan Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk ini tertuang dalam Surat Keputusan Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Nomor 04/KEP/PKK.PROV/IV/2023 tanggal 8 April 2023 tentang pengangkatan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Nganjuk. Selanjutnya Arumi selaku Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur juga melantik Wahyuni Marhaen sebagai Ketua Dekranasda Kab. Nganjuk.

Dalam sambutannya, Arumi berharap kepada Ketua TP PKK dan Dekranasda yang baru untuk melanjutkan program kerja sebagai estafet keberhasilan kinerja yang telah dicapai Kabupaten Nganjuk. Ia pun menyampaikan bahwa keberhasilan Kabupaten Nganjuk dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih, diantaranya, juara II lomba fashion show batik tahun 2020 tingkat Provinsi Jatim dan juara I pada lomba yang sama di tahun 2023.

Selanjutnya juara I lomba masak ikan tahun 2022 tingkat Provinsi Jatim, juara II lomba pelaksana terbaik PKK KB Kesehatan di tahun 2020, dan juara III penyusunan laporan 10 Program Pokok PKK terbaik provinsi Jatim tahun 2022. “Saya mengapresiasi setinggi-tingginya karena Kabupaten Nganjuk ini adalah salah satu kabupaten yang saya bilang segudang prestasi. Tim penggerak PKK maupun Dekranasdanya,” ucapnya.

Kemudian, Ketua Dekranasda Prov. Jatim ini berpesan agar kegiatan-kegiatan yang menjadi program prioritas yang telah dilaksanakan untuk terus ditingkatkan, sehingga mampu memberikan manfaat bagi keluarga dan masyarakat, dengan menyesuaikan potensi daerah, SDM dan ketersediaan anggaran sebagaimana hasil Rakernas IX PKK tahun 2021.

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa program-program yang menjadi prioritas dan unggulan yang perlu mendapat perhatian serta ditingkatkan kegiatannya, antara lain, Pokja I ; Pembinaan pola asuh anak dan remaja diera digital (PAAREDI), Pokja II, Galeri pelangi ( gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pengelolaan ekonomi), Pokja III, Gerakan aku hatinya PKK (amalkan & kukuhkan halaman asri, teratur, indah dan nyaman PKK), terakhir Pokja IV, Keluarga sehat tanggap & tangguh bencana.

“Saya berpesan khususnya kepada ketua TP PKK yang baru dan pengurus nantinya untuk terus memacu diri dan organisasi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas program PKK unggulan, sehingga nantinya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan mampu dirasakan manfaatnya oleh keluarga dan masyarakat,” terangnya.

Disisi lain, Ketua Dekranasda Jatim ini juga berharap agar ketua dekranasda kabupaten Nganjuk harus mampu memberikan warna lain dan mengangkat potensi kerajinan-kerajinan yang ada di wilayah kerjanya, sehingga kedepannya bisa memberikan kontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Saya juga berharap Dekranasda Nganjuk lebih mampu diangkat potensinya, dengan melakukan pembinaan seni kerajinan, meningkatkan kontribusi industri kerajinan dan menghimpun potensi-potensi daerah bagi pengembangan produk kerajinan sebagai bagian dari seni dan budaya,” lanjutnya.

Lebih jauh, ia menjelaskan bahwa dalam mewujudkan semua itu, diperlukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun pihak swasta dalam memberikan pembinaan dan penguatan. Sehingga dalam pelaksanaan program-program maupun kegiatan nantinya diharapkan mampu menggerakkan ekonomi daerah.

“Saya mengharap adanya eksistensi Dekranasda, sebagai lembaga yang membantu pemerintah dalam menggerakkan ekonomi daerah melalui berbagai upaya strategis pembinaan kewirausahaan, peningkatan kualitas produk, peningkatan ketrampilan dan bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan daya saing dengan produk dari negara lain,” imbuhnya.
Selain itu, Arumi menerangkan bahwa dengan semakin berkembang informasi dan teknologi dengan pesat, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi PKK maupun Dekranasda, dimana kita dituntut untuk terus update dan mengembangkan potensi diri dalam menerima pesatnya perkembangan agar tidak tergilas dan tertinggal.

“Tantangan utama terbesar dalam era digitalisasi, khususnya digitalisasi keuangan adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar siap mengubah ekonomi berbasis pengetahuan atau knowledge, based ekonomyuntuk pertumbuhan ekonomi tidak lagi bergantypada sumber data alam (SDA),” terangnya.

Diakhir, Ketua TP PKK dan Dekranasda Provinsi Jawa Timur mengucapkan selamat dan mendoakan semoga amanah ini mampu diemban dan dijalankan sebaik-baiknya dan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi keluarga dan masyarakat.

“Teriring doa semoga amanah dalam menjalankan dan mengemban tugas dengan sebaik-baiknya. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan kemudahan serta meridhoi setiap langkah kebaikan kita menuju masyarakat Jawa Timur semakin sejahtera. Aamiin,” tutupnya. (q cok, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *