NasionalPemerintahan

Bangun Sinergitas Sumber Daya, Pemkab Tanbu dan BPS Lakukan MoU

11
×

Bangun Sinergitas Sumber Daya, Pemkab Tanbu dan BPS Lakukan MoU

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Kerjasama dan Koordinasi antara Informasi Statistik Sektoral di Bumi Bersujud diwujudkan ke dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) dan Badan Pusat Statistik Tanah Bumbu

Penandatanganan MoU dimaksud dilakukan Bupati Tanah Bumbu dr.H.M Zairullah Azhar kemudian disusul oleh Kepala BPS Tanah Bumbu Rudy Nooryadi. Kegiatan tersebut bertempat di Ruang Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Rabu (28/04/2021).

Turut menyaksikan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu Ardiansyah, S.Sos dan Kasi dan Staf Bidang Stastistik dan Persandian Diskominfo serta Staf dari BPS Tanah Bumbu

Bupati Tanah Bumbu dr.H.M Zairullah Azhar memberikan apreasiasi kepada jajaran Dinas Kominfo dan BPS Tanah Bumbu, yang telah menempuh langkah maju dengan memprakarsai lahirnya MoU di bidang statistik ini.

Zairullah berharap semoga semua kesepakatan tersebut dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga Tanah Bumbu memiliki data base yang paralel antara data BPS dengan data Pemkab Tanah Bumbu.

Kepala Badan Pusat Statistik Tanah Bumbu, Rudy Nooryadi, menjelaskan, bahwa perjanjian kerjasama ini dimaksudkan untuk mensinergikan sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing pihak dalam melakukan pengumpulan dan pengolahan data.

Dengan adanya sinergitas itu, diharapkan terwujud ketersediaan data dan informasi/statistik yang lengkap, akurat dan berkesinambungan dalam upaya mewujudkan data statistik Tanah Bumbu yang akurat.

Lebih lanjut, Rudy Nooryadi menuturkan bahwa ruang lingkup perjanjian atau MoU meliputi pengumpulan, pengolahan dan diseminasi data serta informasi statistik.

Selanjutnya, kedua belah pihak juga menyepakati untuk melakukan pembinaan statistik sektoral dalam rangka mewujudkan harmonisasi dan sinergitas data yang berkualitas.

“Dalam MoU itu juga menjelaskan pembagian tugas, kalau BPS lebih dominan pada data dasar sedangkan Dinas Kominfo terlebih pada data sektoral. Namun demikian, kita tetap komitmen untuk bersinergi dalam mengolah dan menganalisis data,” ungkapnya. (q cox, Imran )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *