Bisnis

Bank Indonesia Gandeng Berbagai Pihak Gelar Penukaran Rupiah Sambut Idul Fitri

14
×

Bank Indonesia Gandeng Berbagai Pihak Gelar Penukaran Rupiah Sambut Idul Fitri

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur memperkirakan adanya peningkatan kebutuhan uang tunai sebagai dampak dari peningkatan transaksi di masyarakat dan libur lebaran.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A. Johansyah mengatakan diperkirakan, kebutuhan akan uang tunai di Jatim pada periode Ramadhan adalah sebesar Rp 33,4 triliun atau naik 15% dari tahun lalu yang sebesar Rp 29 trilyun.

“Bank Indonesia menjamin kecukupan uang pada periode Ramadhan ini. Sehingga harapannya masyarakat tidak panik dan bijak menggunakan uangnya,” katanya.

Menyambut Idul Fitri 1440 H/2019, Bank Indonesia bekerjasama dengan Perbankan dan Kodam V/Brawijaya menggelar kegiatan penukaran Uang Rupiah di Lapangan MAKODAM V Brawijaya.

“Kami juga bekerjasama dengan 12 perbankan di Jawa Timur. Semnetara untuk penukaran di Lapangan MAKODAM V Brawijaya berlangsung pada 27 sampai dengan 29 Mei 2019. Penukaran di Makodam melayani minimal 1300 penukar setiap harinya,” katanya.

Nilai maksimal yang dapat ditukarkan oleh satu orang adalah sebesar Rp 3,7 juta yang mencerminkan masing-masing satu paket pecahan mulai dari pecahan Rp 2.000,00 hingga Rp 20.000

Untuk mendapatkan layanan penukaran ini, masyarakat cukup hanya dengan menunjukkan Kartu Tanda Pengenal (KTP). Untuk memudahkan, masyarakat juga tidak diharuskan membawa uang tunai, melainkan cukup dengan membawa kartu debet.

“Perbankan menyediakan mesin EDC untuk masyarakat yang tidak sempat menarik uangnya terlebih dahulu. Jadi, tidak perlu membawa uang tunai sehingga lebih aman,” lanjut Difi.

Kepala Staf Kodam V/Brawijaya, Brogjen TNI Bambang Ismawan menambahkan pemberian uang baru memang sudah jadi tradisi masyarakat Indonesia. “Kami berharap pelaksanaan pelayanan ini dapat berjalan dengan tertib dan lancar sehingga masyarakat dapat memperoleh pecahan uang yang diharapkan,” tambahnya..

Selain di MAKODAM, Bank Indonesia dan perbankan juga membuka layanan penukaran di sejumlah titik lain, antara lain : 471 outlet perbankan di Jawa Timur yang memasang spanduk layanan penukaran (setiap hari Selasa s.d. Kamis pada tanggal 21 – 29 Mei 2019), Terminal Purabaya (25-31 Mei), Stadion Sidoarjo (25,26 dan 30 Mei), Disperindag Jatim (24 Mei), depan kantor Bank Indonesia Jalan Pahlawan (25, 26 dan 30 Mei 2019) dan Pasar Genteng serta Jembatan Merah Plaza (1 Juni).

Bank Indonesia juga telah bekerjasama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan perbankan untuk menyediakan Layanan Gerak Perbankan di 15 rest area dan 4 gerbang tol pada 6 ruas jalan tol (Surabaya-Gempol, Surabaya-Gresik, Surabaya-Mojokerto, Mojokerto-Jombang, Ngawi-Kertosono dan Pasuruan-Probolinggo) pada tanggal 25 Mei – 15 Juni 2019. Khusus untuk layanan penukaran akan tersedia pada tanggal 28, 29 dan 31 Mei. (q cox, Tama Dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *