Beri Bibit Pohon, Kelana Aprilianto Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

SIDOARJO (Suarapubliknews) – Kelana Aprilianto bersama Kelompok Tani Hutan Desa ( KTHD) Desa Karang Tanjung, Kecamatan Candi pelopori penghijauan lingkungan dan konservasi tanah melalui penanaman bibit pohon.

Pada penanaman perdana ini, beragam pohon jenis tanaman keras (endemik) dan buah sperti pohon kelengkeng, nangka dan sengon. Sedikitnya dua puluh batang pohon mas Kelana panggilan akrab Kelana Aprilianto bersama para tokoh masyarakat sepetempat secara simbolis ditanam di atas lahan tanah warga, Selasa (19/05/2020).

“Dipilihnya jenis sengon karena jenis vegetasi ini merupakan tanaman keras yang berpungsi sebagai penyangga konservasi lahan kosong, berfungsi pada perbaikan lingkungan dan juga secara ekologis membantu ekosistem lingkungan disaat cuaca ekstrim,” kata Mas Kelana dilokasi.

Sedangkan untuk pohon jenis sengon dan buah, lanjut mas Kelana, disamping bisa memberikan kontribusi ekonomi kepada warga. Sengon dalam waktu sekitar lima hingga enam tahun kedepan sudah bisa dipanen, dan dapat membantu masyarakat setempat secara ekonomi.

“Karena salah satu tugas kita yakni menjaga kelestarian alam, mari kita rawat dan kita pelihara alam ini dengan baik,” ajaknya.

Sementara dilokasi yang sama, Ketua KTHD Agus Lukman Hakim mengatakan bahwa penanaman bibit pohon ini nantinya juga dilakukan di Desa lainnya di kawasan Tanggulangin. Bibit pohon bantuan dari Bakal calon Bupati Sidoarjo tersebut juga sudah di siapkan untuk mengisi area lahan kosong yang belum ada tanaman pohonnya.

”Kami mendukung aksi penanaman pohon oleh Mas Kelana. Sebab penanaman pohon sebagai upaya penghijauan lingkungan sangat baik untuk kehidupan,” ujar Agus. (q cox, drie)

Reply