Jatim Raya

BPCB Trowulan Jatim dan Dispar Kediri Tinjau Penemuan Arca Ganesa di Desa Krenceng

15
×

BPCB Trowulan Jatim dan Dispar Kediri Tinjau Penemuan Arca Ganesa di Desa Krenceng

Sebarkan artikel ini

KEDIRI ( Suarapubliknews) – Tim dari Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur meninjau lokasi penemuan arca ganesha di Desa Krenceng Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri, Selasa (18/6).

Kunjungan tim BPCB) Trowulan Jawa Timur diketuai oleh Nugroho yang didampingi perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dan Camat Badas.

Kasi Museum dan Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri, Eko Priatno, menyampaikan bahwa dari hasil eksplorasi tim di lokasi menyatakan bahwa arca ganesha ini merupakan arca tunggal (tidak ada lagi arca lain di area lokasi penemuan).

“Hal ini disimpulkan tim setelah tadi turun ke dalam lubang penemuan arca dan meneliti apakah ada bukti temuan lain. Ternyata dari hasil eksplorasi lanjutan tidak ditemukan benda purbakala lainnya,” jelasnya.

Menurut Eko, berdasarkan analisa tersebut, maka oleh tim BPCB Trowulan Jawa Timur, menyatakan bahwa proses pembangunan rumah di atas lahan milik Nur Samsu bisa dilanjutkan kembali.

Sedangkan untuk lokasi arca ganesha sementara ini diamanatkan kepada pemilik lahan untuk dirawat.

“Mengingat animo warga yang luar biasa kepada penemuan ini, tim mempersilahkan untuk dirawat pemilik lahan hingga rasa penasaran warga mereda. Karena ini merupakan bagian dari edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya pengenalan sejarah dan purbakala,” tambahnya.

Selanjutnya, lanjut Eko, bila kunjungan warga mereda maka tim akan memberikan rekomendasi langkah lanjutan yakni agar disimpan di museum Kabupaten Kediri untuk mendapat register dan perawatan. (q cox, Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *