Bupati Lumajang Sambut Truk Kebaikan Semeru Rumah Zakat

LUMAJANG (Suarapubliknews) – Truk Kebaikan program Rumah Zakat yang diberangkatkan dari tiga kota yakni Kediri, Malang, dan Surabaya diserah terimakan langsung secara simbolis kepada Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, S.Ag, MML di Pendopo Kecamatan Pasirian.

Chief Program Officer Rumah Zakat, Murni Alit Baginda mengatakan Truk Kebaikan bertujuan untuk menyalurkan bantuan titipan para donatur berupa perlengkapan bayi dan perempuan, healthy kit, sembako, air minum, selimut, dan alas tidur.

“Untuk tahap pertama ini kita memberangkatkan tiga truk dari tiga kota. Selanjutnya Truk Kebaikan akan diberangkatkan juga dari Yogyakarta, Solo, dan Jakarta. Alhamdulillah antusiasme para donatur terhadap program ini sangat bak sekali,” katanya.

Dua Truk Kebaikan Semeru ini akan dikirimkan ke dua pos Rumah Zakat Action yang berada di Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo Kabupaten Lumajang setelah sebelumnya diterima oleh Bupati Lumajang. “Semoga bantuan dari para donatur dan mitra ini dapat meringankan beban dan kesedihan para penyintas Erupsi Gunung Semeru,” ungkap Murni.

Di tahap tanggap darurat ini 20 relawan Rumah Zakat berkolaborasi dengan pihak terkait melakukan evakuasi korban, pelayanan ambulans, penyaluran 2000 paket Superqurban, distribusi 300 masker, 150 paket makanan siap saji, layanan Kesehatan, hingga psikososial bagi anak-anak penyintas erupsi Semeru.

“Adapun rencana aksi Rumah Zakat di masa recovery nanti antara lain bantuan renovasi infrastruktur fasilitas umum dan sarana ibadah, penyediaan hunian sementara dan hunian tetap, hingga pemulihan ekonomi masyarakat terdampak bencana erupsi Gunung Semeru,” tuturnya.

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, S.Ag, MML menyambut antusias kedatangan Truk Kebaikan dari Rumah Zakat. Ia bererima kasih atas bantuan masyarakat yang diserahkan melalui Rumah Zakat.

“Tentu ini bantuan yang betul-betul meringankan kami, masyarakat yang terdampak erupsi semeru. Dan kami mengapresiasi Rumah Zakat yang selalu hadir di Kabupaten Lumajang untuk program-program yang betul-betul nyata memberikan bantuan kepada masyarakat sehingga masyarakat bisa mandiri dan berkehidupan yang lebih baik. Saya tahu betul rumah zakat nyata hadir di masyarakat memberikan yang terbaik untuk masyarakat dan menghimpun bantuan untuk masyarakat dengan amanah,” katanya.

Sementara itu antusiasme donatur yang menitipkan donasi bagi masyarakat terdampak Erupsi Gunung Semeru terus berdatangan. Oleh karena itulah Rumah Zakat terus berupaya menyiapkan kanal-kanal donasi untuk memudahkan para donatur. “Saat ini donatur bisa berdonasi untuk penyintas erupsi Gunung Semeru melalui website. Caranya klik rumahzakat.org/donasi/bencana-nasional. Tak perlu konfirmasi dan dapat berdonasi via transfer virtual account, e wallet, dan juga kartu kredit,” tutup Murni. (q ox, tama dinie)

Reply