Bupati Zaitullah Jadikan HJTB ke 19 Sebagai Landasan Bumi Bersujud Menuju Serambi Madinah

BATULICIN (Suarapubliknews) – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu ke 19 berlangsung di halaman kantor Bupati, Kelurahan Gunung Tinggi. Jum at (08/04/2022).

Meski berbeda dari biasanya, namun kemasan secara religi turut mewarnai perayaan tersebut, ditambah pakaian serba putih putih yang sekaligus menandai buka puasa bersama serta sholat berjamaah.

Peringatan ini mengusung tema
Mewujudkan Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah dengan Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang Produktif, Cinta Qur’an dan Berakhlak Mulia menjadi tema peringatan Harjad Kabupaten Tanah Bumbu ke-19 di tahun 2022.

Mantan dokter teladan ini mengungkapkan, hari jadi ini hendaknya diperingati dengan rasa penuh semangat kebersamaan, untuk membangun daerah dengan motto Bersih, Syukur, Jujur dan Damai (Bersujud) untuk menuju “Serambi Madinah”.

Dikatakannya, dalam menuju Serambi Madinah ini, pemerintah daerah telah melakukan pembangunan puluhan Rumah Tahfiz yang tersebar di 12 kecamatan dan desa di wilayah Bumi Bersujud tersebut.

Selain itu, saat ini sepanjang jalan perkotaan juga sudah dihiasi dengan tulisan yang bernuansa Islami, dan hal ini akan terus ditingkatkan,” kata Bupati.

Hendaknya hal demikian harus kita pertahankan sebaik-baiknya, serta harus berkomitmen bersama untuk membangun daerah ini. Sebab, semakin tinggi jabatan maka makin tinggi amanah yang harus kita lakukan.

Saat ini, semua patut bersyukur, karena Tanah Bumbu mendapatkan penilaian terbaik se-Kalimantan dari Menteri Kesehatan RI dalam penanganan Covid-19 dan capaian vaksinasi.

“Tentu saja, kita sangat berterimakasih kepada Dinas Kesehatan Tanah Bumbu yang sudah bekerja secara maksimal,” paparnya.

Selain itu, terkait lapangan pekerjaan dan pembangunan daerah, tambah Zairullah, pemerintah daerah sangat berterima kasih kepada PT Jhonlin Group yang turut membantu dalam memajukan pembangunan di daerah.

Zairullah menilai, tak sedikit masyarakat Tanah Bumbu yang sudah bekerja di perusahaan Jhonlin Group milik H Andi Syamsudin Arsyad (H Isyam), yang usahanya terus berkembang dibuktikan dengan terus membangun industri, mulai dari pabrik Bio Diesel, pabrik minyak Bimoli dan Smelter.

Bersamaan itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mengungkapkan, 8 April 2022 ini menjadi hari yang sangat bermakna bagi masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu. Tidak terasa 19 tahun sudah usia kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kotabaru tersebut.

“Tanah Bumbu ini sebagai sebuah kabupaten yang menjadi wadah dan tempat beraktivitas, sekaligus tentu saja berjuang dalam upaya membangun kehidupan masyarakat Tanah Bumbu,” terangnya.

Sepanjang 19 tahun usia kabupaten ini, sambungnya, tentu saja tidak dilewati dengan jalan mulus. Sebab, banyak hal-hal yang tak mudah dilalui.

Namun, ada komitmen yang dihadirkan oleh para tokoh masyarakat, para ulama, para habaib serta para sesepuh yang meminta agar Tanah Bumbu tetap mempertahankan ciri khasnya dan dengan sangat menyadari upaya yang dilakukan tidak akan pernah sia-sia.

Sementara itu, Peringatan Hari Jadi Tanah Bumbu (HJTB) ke-19 kali ini juga dihadiri Ketua DPRD Provinsi Kalsel H Supian HK, seluruh perwakilan kabupaten/kota, Forkopimda, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tanbu, semua kepala SKPD serta sejumlah tamu undangan lainnya. (q cox, Imran)

Reply