Catat 4 Pasangan Bakal Calon Jalur Perseorangan, KPU Surabaya: Wajib Penuhi Syarat Dukungan

SURABAYA (Suarapubliknews) – Hingga saat ini, Kamis (19/12/2019), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah mencatat 4 pasangan bakal calon peserta Pilkada Surabaya 2020 dari jalur perseorangan (independen).

Ke empat nama pasangan calon tersebut adalah Fatchul Muid/Tati Effendi, Muhammad Sholeh/M.Taufik Hidayat, Samuel Teguh Santoso/Gunawan.S, Usman Hakim/Muhammad Yasin

Keterangan ini disampaikan Chalid AS Komisioner KPU Surabaya devisi tehnis penyelenggara, yang mengatakan bahwa ke empat pasangan bakal calon tersebut telah mendapatkan username dan password Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Pasangan dari jalar perseorangan ini harus bisa memenuhi 11 proses pemenuhan administrasi, yang kemudian baru bisa menginjak ke 7 proses lanjutan, yang salah satunya adalah syarat dukungan sejumlah 138.565 suara dengan bukti KTP,” ucap Chalid di acara media gathering bersama media di kantor KPU Surabaya. Kamis (19/12/2019)

Menurut Chalid, pihaknya akan melakukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap bukti duara dukungan secara detil dan menyeluruh, dengan mengerahkan seluruh jajaran hingga tingkat RT.

“Ini memang bukan pekerjaan yang mudah, namun harus dilakukan agar memenuhi kriteria Pemilu yang berintegritas. Untuk itu, kami akan cross check satu per satu bukti dukungan berupa bukti KTP yang diserahkan masing-masing bakal pasangan calon sesuai nama dan alamat yang tertera di KTP,” pungkasnya.

Disaat yang sama, Insan Qoriawan anggota KPU Provinsi Jawa Timur yang turur mendampingi Komisioner KPU Surabaya menegaskan, bahwa pasangan calon dari jalur perseorangan yang telah melalui tahapan administrasi tidak diperbolehkan manuver ke jalur partai.

“Pasangan calon yang telah terdaftar dan melalui tahapan administrasi tidak diperkenankan lagi diusung oleh partai (pindah jalur), tetapi jika belum nggak pa pa,” tegasnya. (q cox)

Reply