Cegah Stunting di Tanbu, BBPOM Gelar Pelatihan Keamanan Pangan Desa

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Balai Besar Pengawan Obat Makanan (BBPOM) Banjarmasin bekerjasama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa.

Kegiatan dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) Hj. Wahyu Windarti Zairullah, Rabu (19/05/2021) di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

Dalam sambutannya, Hj. Wahyu Windarti Zairullah mengatakan, sebagai kelanjutan dari kegiatan advokasi sebelumnya, telah ditetapkan desa target Pangan Aman. Kerena itu perlu upaya yang menyeluruh dan konsisten.

“Salah satu prioritas dalam pencegahan stunting terdapat pada pasal 6 Ayat (2) diprioritaskan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) Desa atau penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa Bumi Bersujud,” ucapnya.

Meski demikian lanjutnya, kegiatan ini memiliki peran penting dan strategis dalam upaya melakukan penurunan jumlah penyalahgunaan bahan berbahaya dalam pangan.

“Saya berharap kepada seluruh peserta Pelatihan Kader Keamanan Pangan Desa, kiranya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Sehingga nanti, akan menghasilkan kader KKPD yang handal dan professional, penuh pengabdian dalam melaksanakan tugasnya, serta mengedepankan tugas kemanusiaan,” sebutnya.

Dalam kesempatan itu, koordinator kelompok substansi Infokom BBPOM Banjarmasin, Gusti Maulita Indriyana menyampaikan apresiasi kepada Ketua TP PKK Tanbu yang berkenan hadir sekaligus membuka pelatihan kader tersebut.

Dia memaparkan, bahwa kegiatan kali ini merupakan bagian dari program nasional Badan POM Indonesia terkait keamanan pangan sejak tahun 2014.

BBPOM Banjarmasin telah melaksanakan kegiatan serupa di 9 wilayah Kabupaten Kota di Kalimantan Selatan, sedangkan pada tahun 2021 menjadi giliran Kabupaten Balangan dan Tanbu.

Menurut dia, ada 3 kegiatan terkait program keamanan pangan yang akan dilaksanakan di Bumi Bersujud, yaitu Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman dan Jajanan Sekolah Aman.

Ia mengharapkan para kader yang mengikuti pelatihan ini mampu menyampaikan kembali berbagai ilmu dan informasi yang didapatkan selama pelatihan terkait keamanan pangan.

“Kader yang mengikuti pelatihan hari ini diharap bisa menjadi penyuluh di komunitasnya masing-masing,” tutupnya.

Turut berhadir dalam pelatihan itu, Sekretaris Dinas PMD Tato A Setyawan, Kepala Loka POM Tanbu Rahmat Hidayat, serta perwakilan SKPD terkait lainnya. (q cox, Imran)

Reply