Ciptakan Pekerjaan Bagi Orang Lain, Penyandang Disabilitas Asal Gurah Kediri Mampu Pertahankan Usaha di Tengah Pandemi

KEDIRI (Suarapubliknews) – Meski hanya dengan satu kaki, Winarko (37) warga Desa Gurah Kecamatan Gurah Kediri mampu membuka usaha yang sekaligus bisa menciptakan pekerjaan bagi orang lain.

Usaha yang dirintis sejak tahun 2008 bersama istrinya ini bergerak di bidang pembuatan sikat lantai dengan bahan baku limbah benang sapu.

“Saat ini yang bekerja 2 orang tetangga saya dan bersyukur bisa menjadi penghasilan tambahan,” Ucap Winarko saat diwawancarai media ini. Minggu (13/9/2020)

Winarko menuturkan, jika awal usahanya hanya dengan modal pas-pasan yakni sekira Rp.1 Juta, itupun dari hasil kerja serabutan. Namun saat ini telah berkembang pesat.

“Jadi dalam waktu satu minggu, kami bisa memproduksi sebanyak 200 hingga 300 buah sikat lantai dari limbah benang sapu,” Jelas Winarko

Untuk melakukan semua aktifitasnya, Winarko menggunakan alat bantu jalan. Namun bagi bagi bapak dua anak ini bukan penghalang untuk tetap kreatif bekerja, bahkah hasil produksinya banyak diminati pembeli

Tidak hanya itu, Winarto yang kehilangan fungsi kaki akibat kecelakaan ini juga berhasil menyulap limbah serabut kelapa menjadi tempat bunga, dan usahanya ini membautnya bangkit dari keterpurukan ekonomi, utamanya di masa pandemi. (q cox, Iwan)

Reply