Nasional

Desa Purwodadi Raih Predikat Terbaik ke-2 di Kalimatan Selatan

11
×

Desa Purwodadi Raih Predikat Terbaik ke-2 di Kalimatan Selatan

Sebarkan artikel ini

TANAH BUMBU (Suarapubliknews.net) – Desa Purwodadi Kecamatan Angsana mampu meraih juara 2 (dua) pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2018.

Sebagai pemenang lomba desa tingkat kabupaten, Purwodadi berhak mewakili Tanah Bumbu dalam lomba di tingkat provinsi. Purwodadi harus bersaing dengan desa-desa terbaik lainnya dari 11 kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan.

Prestasi yang diraih ini tidak lepas dari peran pembinaan dari Dinas PMD Kabupaten, dari semenjak dipimpin oleh H. Suwignyo hingga dipimpin oleh Nahrul Fajeri sekarang.

Inovasi unggulan di Desa Purwodadi yang menjadi nilai lebih adalah Sanitasi Air Bersih dan Armada Angkutan Desa disamping indikator penilaian lain yang sudah ditentukan oleh Tim Penilai Provinsi.

Tim Penilai ini terdiri dari beberapa unsur Satuan Perangkat Kerja Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yang dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) telah melakukan penilaian dengan mengunjungi semua desa-desa ini. Purwodadi sendiri dinilai pada 18 April 2018 lalu.

Selain inovasi unggulan, sasaran penilaian perlombaan desa adalah tingkat perkembangan desa dalam dua tahun terakhir berdasarkan data profil desa, dengan indikator penilaian dari aspek pendidikan, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban hingga pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

Setelah dilakukan penilaian, maka berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalsel nomor 188.44/0337/KUM/2018 tentang Penetapan Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Desa Purwodadi berhak menjadi juara 2 dalam lomba desa kali ini.

Raut bahagia ditunjukkan oleh Kepala Desa Purwodadi, Heriyanto, saat menerima piagam penghargaan dari Gubernur Kalimantan Selatan, Senin (6/8/2018) kemarin.

Sementara untuk trophy juara akan diserahkan langsung oleh Gubernur H Sahbirin Noor pada Peringatan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (9/8/2018).

Terkait meraih juara pada lomba desa tingkat Kalsel, Plt Bupati turut berbangga atas keberhasilan ini.

“Purwodadi mewakili Tanah Bumbu karena mereka adalah yang terbaik. Kemenangan ini hendaknya menjadi pemicu bagi desa-desa lain untuk terus berinovasi dan bekerja keras dalam membangun desanya,” ujar Plt Bupati.

Sementara itu, Peringatan Hari Jadi Kalimantan Selatan dihadiri oleh Plt Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *