PeristiwaPolitik

Di HPSN 2021, Reni Astuti Dorong Pemkot Apresiasi Para Kader dan Fasilitator Lingkungan

37
×

Di HPSN 2021, Reni Astuti Dorong Pemkot Apresiasi Para Kader dan Fasilitator Lingkungan

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, Reni Astuti, menyampaikan jika peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tidak lepas dari andil berbagai elemen masyarakat yang peduli lingkungan.

“Surabaya hijau dan bersih tidak lepas dari partisipasi masyarakat melalui Bank Sampah, kader dan fasilitator lingkungan, kontribusi mereka harus mendapat apresiasi dan support anggaran dari pemerintah kota,” jelasnya pada Minggu (21/02/2021).

Hal itu, ujar Reni, berkat kerja keras dan gotong royong para kader dan fasilitator lingkungan dalam mewujudkan Kota Surabaya yang nyaman, bersih, dan sehat. Perlu diketahui, Kota Surabaya menjadi satu-satunya peraih penghargaan Adipura Kencana pada tahun 2019 dan tercatat sudah menerima capaian tersebut selama delapan kali berturut-turut.

Ia menjelaskan, di tahun yang sama Surabaya berhasil menorehkan prestasi serupa di bidang lingkungan, yaitu Kinerja Pengurangan Sampah serta Nirwasita. Bahkan pada 2018 lalu, Kota Surabaya terpilih sebagai kota destinasi favorit dunia pada The 4th Guangzhou International Award for Urban Innovation, ajang penghargaan bergengsi dunia di Guangzhou, China.

Politisi perempuan Fraksi PKS ini juga menuturkan bahwa keberhasilan yang diraih Surabaya dalam aspek kebersihan lingkungan ini kunci utamanya terletak pada keterlibatan aktif masyarakat.

“Berbagai capaian ini menjadi catatan positif karena konsistensi masyarakat menjaga kelestarian dan kebersihan Kota Surabaya,” tambahnya.

Menurutnya, sejumlah penghargaan yang telah diperoleh Kota Surabaya sudah semestinya sejalan dengan perhatian Pemkot dalam memperhatikan andil partisipasi masyarakatnya termasuk kampung ramah lingkungan yang mengelola bank sampah. Terlebih lagi bagi para kader dan fasilitator lingkungan yang sudah berkontribusi bagi kemajuan Kota Surabaya, khususnya dalam bidang lingkungan.

“Mereka semestinya memperoleh dukungan dana insentif sebagai wujud apresiasi atas kontribusinya selama ini,, keberadaan bank sampah juga perlu disupport” tegasnya.

Terakhir, dirinya mengajak untuk menjadikan peringatan HPSN 2021 sebagai momentum agar mempertahankan serta meningkatkan tren positif capaian-capaian yang telah diperoleh Kota Surabaya hingga saat ini dalam kinerja bidang lingkungan khususnya pada pengelolaan sampah dengan turut serta memperluas keterlibatan masyarakat. (q cox)

Foto: Aksi Komunitas Nol Sampah bersama komunitas TransBag, Karangtaruna Kelurahan Karah dan Fasilitator Lingkungan Kelurahan Kara Surabaya saat melakukan edukasi untuk pengurangan pemakaian Plastik Sekali Pakai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *