Dilanda Kekeringan, Kodim 0815 Mojokerto Kirim 30.000 Liter Air Bersih ke Dawarblandong

MOJOKERTO (Suarapubliknews) – Komando Distrik Militer (Kodim) 0815 Mojokerto memberikan bantuan 30.000 liter air bersih kepada warga Dusun Tempuran, Desa Simongagrok, Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto Kamis (31/10) siang.

Bantuan air bersih yang didistribusikan dengan empat unit tangki air bermuatan 7500 liter ini merupakan kali kedua yang dikirim oleh Kodim 0815 Mojokerto; sebelumnya dikirim pada Selasa (24/9) lalu. Dibantu personel dan Babinsa Koramil 0815/08 Dawarblandong,
warga tampak antusias mengangkuti air dari tandon besar. Warga membawa timba, jirigen, dan ember.

Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima menyebut, bantuan ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial (binter) terpadu yang menjadi bagian dari program TNI.

“Metode binter kita kan ada Komsos, Bhakti TNI, Wanwil. Itu kita gabungkan menjadi satu menjadi kegiatan yang saling berkaitan, termasuk pengiriman bantuan air bersih ini,” ujarnya dalam keterangan pers.

Bantuan yang dikirim Kodim 0815 Mojokerto ini pun mendapat sambutan positif oleh warga Tempuran yang membutuhkan air bersih. Pasalnya, dalam kesehariannya warga hanya bisa bergantung pada sungai di sekitar kampung yang saat ini kondisinya memprihatinkan. Beberapa warga bahkan terpaksa harus mandi, cuci baju, dan BAB di sungai tersebut, yang airnya menipis.

“Memang dibutuhkan solusi permanen untuk mengatasi masalah kekeringan di sini (Dusun Tempuran),” imbuh Dandim.

Selain di Desa Simongagrok, Kodim 0815 Mojokerto juga menyalurkan bantuan serupa di Desa Kunjorowesi, Kecamatan Ngoro yang juga mengalami masalah kekeringan setiap tahunnya.

Sementara itu, bakti sosial ini juga melibatkan beberapa komponen, baik dari instansi Pemerintah maupun swasta, termasuk pengobatan gratis yang digalang Puskesmas Dawarblandong. (q cox, Wid)

Reply