Diskominfo Jatim Gelar Pendampingan Penyusunan Peta Rencana dan Arsitektur SPBE

SURABAYA (Suarapubliknews) – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Diskominfo Jatim), Hudiyono memberikan sambutan dan arahan dalam Rapat Pendampingan Penyusunan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Arsitektur SPBE, Selasa (2/8/2022) di kantornya.

Rapat ini diinisiasi oleh Diskominfo Jatim yang bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) RI. “Salah satu janji kita sebagai pemerintah adalah transparansi, maka hal yang bisa dilakukan adalah melalui optimalisasi SPBE ini,” ujar Hudiyono.

Kadis Kominfo Jatim mengatakan bahwa di Jawa Timur sudah ada sekitar 348 aplikasi sebagai produk pelayanan percepatan dan keterbukaan informasi yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bangunannya sudah ada, tapi tetap perlu dilihat apakah secara konstruksi arsitekturnya sudah bagus, apakah sudah kokoh, ini mohon teman-teman Kemenpan-RB untuk mengecek,” imbuhnya.

Kepada para perangkat daerah yang hadir, Ia juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama dan sinergisitas. “Kita memiliki visi misi yang sama yaitu bagaimana membangun SPBE yang sudah diamanahkan dalam Undang-undang, dalam regulasi, dan dalam indikator pencapaian kita. Kita sudah menyiapkan portal data. Jadi ujung-ujungnya adalah single sign on antara SPBE dengan Satu Data sehingga masyarakat bisa mengakses informasi melalui satu pintu dengan kecepatan tinggi,” tuturnya.

Ia pun berharap para narasumber yang hadir bisa mendampingi dan berbagi ilmu bermanfaat. “Sekaligus telaten menjadikan kita semua yang hadir menjadi dewasa literasi digital. Saya yakin kegiatan ini punya nilai strategis dan bermanfaat. Semoga kita semua dalam kondisi sehat, bugar, gembira, dan luar biasa,” tegasnya.

Kadis Hudiyono juga menitikberatkan pentingnya pembangunan SDM untuk mengimbangi kecepatan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. “Kami melibatkan mahasiswa statistika ITS untuk membantu kawan-kawan perangkat daerah di dalam mengentry portal satu data supaya lengkap,” katanya.

Dalam forum yang dihadiri oleh lebih kurang 150 orang ini, Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Diskominfo Jatim, Achmad Fadlil Chusni mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dari taggal 2 hingga 3 Agustus 2022 di kantor Diskominfo Jatim. Ada 3 (tiga) narasumber yang hadir hari ini dari Kemenpan-RB RI yaitu Perwita Sari, Indah Ayu Permatasari, dan Iksan Ramadhan. (Q cox, tama dini)

Reply