NasionalPemerintahanPeristiwa

DKPP Tanbu Perkuat Posyandu Sungai Loban untuk Lomba PMT Tingkat Provinsi

31
×

DKPP Tanbu Perkuat Posyandu Sungai Loban untuk Lomba PMT Tingkat Provinsi

Sebarkan artikel ini

BATULICIN (Suarapubliknews) ~ Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), bersama TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu), melakukan display untuk menu Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Kegiatan ini berlangsung di Posyandu Bina Warga, Desa Tri Martani Kecamatan Sungai loban, Senin (22/05/2023).

Gerakan tersebut dilaksanakan dalam rangka persiapan dan pemantapan peserta perwakilan Kabupaten Tanbu untuk mengikuti lomba menu PMT di Posyandu berbasis pangan lokal.

Tidak hanya itu, kegiatan itu bertujuan untuk menggerakkan gerakan makan enak, makan sehat, makan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

Pentingnya menyukai, sayur dan buah sehingga tercipta konsumsi pangan berkualitas, yang ditandai dengan keragaman jenis pangan dan keseimbangan gizi agar tubuh sehat, aktif dan produktif.

Ketua TP PKK Kecamatan Sungai Loban Lasma Asih Agus Salim, menyambut baik dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Lomba ini dapat memberikan semangat kepada para ibu-ibu TP PKK, khususnya kader-kader posyandu untuk tetap terus berkreasi, memanfaatkan bahan baku lokal pengganti nasi seperti dari umbi-umbian, jagung, maupun bahan non beras dan non terigu lainnya,” ungkapnya.

Hal ini disebut sebagai, salah satu upaya nyata dalam mendorong masyarakat, khususnya orang tua untuk mengenal, mengolah dan mengkonsumsi sumber-sumber pangan lokal dengan tetap berpedoman pada keseimbangan gizi agar tercipta anak-anak yang sehat, aktif dan produktif, khususnya dalam mendukung penanganan stunting.

Sejumlah anak balita terlihat ikut serta mencicipi olahan makanan dari hasil inovasi kader, apakah sesuai dengan selera anak-anak balita atau tidak.

Berbagai macam olahan pangan lokal yang bergizi disajikan untuk didisplay diantaranya sup jamaika, Pie PTT (Pie Tahu Tempe), Cookies Corn Hakochi, sirup bunga telang dengan campuran irisan buah lemon.

Sementara itu, untuk mewujudkan target Kabupaten dalam menekan angka stunting, Posyandu Bina Warga memiliki beragam inovasi meliputi inovasi Tas Desi (berantas stunting dengan intervensi gizi), pelacakan balita stunting, kelas asik (anak sehat investasi keluarga), edukasi cantik (cegah anemia pasti keren), pemberian paket pertolongan gizi pada balita stunting dan balita kurus, dan ceting herdu (cegah stunting dengan herbal dan madu).

Display menu PMT dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Kesehatan, Chef Ani Sebagai Pendamping dalam pembuatan menu PMT, Kades dan Kader Posyandu Bina Warga Desa Tri Martani. (q cox, Imran)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *