Dorong Penguatan UMKM, Pemkab Tanbu Gelar Sosialisasi Kemitraan Usaha

TANAH BUMBU (Suarapubliknews) – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat mengadakan Sosialisasi Kemitraan Usaha di Batulicin, Kamis (08/07/2021).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu H Ambo Sakka itu menghadirkan narasumber dari Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro serta Dinas Perdagangan dan Industri.

Adapun peserta sosialisasi adalah para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan beberapa perwakilan perusahaan swasta yang ada di Bumi Bersujud.

Kepala DPMPTSP Andiyanto Wicaksono dalam laporannya menjelaskan, sesuai dengan arahan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, maka perlu dilakukan penguatan terhadap para pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

“Bersama dinas dan pihak terkait, mereka perlu didorong dan dikuatkan lagi dalam kegiatannya,” ujar Anto.

Melalui sosialisasi ini diharapkan juga terbentuk komitmen dari perusahaan di daerah untuk menjalin kerjasama dengan UMKM.

Dalam sambutannya, H Ambo Sakka menyampaikan jika sesuai arahan Pemerintah tersebut, maka dalam perjalanannya para pelaku UMKM tidak bisa bergerak hanya sendiri, mereka perlu penguatan dari pihak lain.

“Pertemuan hari ini menjadi hal yang penting dalam penguatan UMKM,” jelas Ambo.

Berkaca dari sejarah krisis ekonomi, UMKM adalah salahsatu dari beberapa sektor usaha yang mampu bertahan. Karenanya di era pandemi seperti sekarang, maka dianggap perlu dibangun sebuah kemitraan antara perusahaan dan UMKM.

Sekda berpesan kepada perusahaan agar ikut membina sekaligus memberdayakan para pelaku UMKM agar mereka mampu tumbuh dan berkembang, serta ikut bersaing dengan produk hasil olahannya.

“Kami menyambut positif kegiatan ini. Kalau kita komitmen, maka semuanya akan berjalan. Semoga kedepan kemitraan bisa diwujudkan dan berjalan dengan baik,” tutup Ambo Sakka. (q cox, Imran)

Reply