Dosen Teknik Sipil UK Petra, Raih Hibah WCP Kolaborasi dengan Taiwan

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Tiga dosen Universitas Kristen Petra (UK Petra) berhasil meraih hibah Program World Class Professor (WCP) skema B. Program WCP ini merupakan program dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI (Kemenristekdikti RI) dalam upaya untuk meningkatkan peringkat Perguruan Tinggi (PT) menuju QS WUR 500 terbaik dunia.

Program Studi Teknik Sipil UK Petra, Doddy Prayogo, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D salah satu peraih hibah akan berkolaborasi dengan Prof. Min-Yuan Cheng, Ph.D. dari National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) tanggal 14 Juli hingga 10 Agustus 2018 guna menghasilkan publikasi bersama yang terpublikasi pada bulan November 2018.

Diddy akan menitikberatkan penelitian mengenai aplikasi kecerdasan buatan dalam dunia teknik sipil khususnya pemodelan perilaku material konstruksi.

“Penelitian mengenai kecerdasan buatan khususnya di dunia teknik sipil ini sangat jarang dilakukan. Padahal ilmu yang lain sudah mulai menggunakannya. Saya ingin sekali penelitian di bidang dunia teknik sipil ini, khususnya di Indonesia,juga maju jika perlu go international,” katanya.

Kepala Program Studi Magister dan Doktor Teknik Sipil UK Petra ini menerangkan, jika selama ini dalam dunia konstruksi untuk menentukan fasilitas dan keamanan pekerja di proyek konstruksi berdasarkan intuisi dan pengalaman kerja sang pekerja saja.

Hal ini bisa menyebabkan hasil yang didapatkan tak maksimal dan sering terjadi kesalahan dalam bekerja. Misalkan seorang pekerja dalam menjalankan tugasnya membutuhkan letak kantor dan gudang berdekatan akan tetapi berdasarkan intuisi letak kedua fasilitas ini ditempatkan berjauhan.

“Akan tetapi jika menggunakan kecerdasan buatan yang mana dimasukkan data-data maka kedua fasilitas tersebut bisa diatur sedemikian rupa untuk efisiensi para pekerja,” papar Doddy. (q cox, Tama Dinie)

Reply