Dukung Gernas BBI, KPw BI Jatim Adakan Showcase Produk UMKM Unggulan Jawa Timur

SURABAYA (Suarapubliknews) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Showcase Produk UMKM Unggulan Jawa Timur di Gedung De Javasche Bank dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah dicanangkan Presiden RI sejak tahun 2020.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A. Johansyah menyampaikan bahwa showcase ini merupakan upaya Bank Indonesia untuk mempromosikan produk UMKM Jawa Timur dan mengajak masyarakat untuk memilih produk dalam negeri. Masyarakat tidak perlu meragukan UMKM Indonesia, utamanya di Jatim.

“Kami hanya tinggal memfasilitasi untuk masuk ke pasar internasionalnya. Tentunya dengan bergandeng tangan dengan pemprov dan pihak terkait, kita bisa membawa UMKM di Jatim bersaing secara global dengan tidak meninggalkan kurasi agar sesuai dengan pasar yang ada di luar negeri,” katanya.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak mengatakan gelaran tersebut bisa menjadi pemicu gerakan UMKM Jatim ke tingkat dunia. “Dengan adanya acara ini, UMKM pilihan yang sudah mendunia terlihat. Ini juga menunjukkan bahwa UMKM sudah dilevel terbaik. Acara ini tentunya juga bisa menjadi teladan bagi yang lainnya untuk terus berkembang,” katanya.

Wagub Jatim pun mengapresiasi langkah Bank Indonesia yang ikut mendukung penuh geliat pengembangan UMKM di Jatim. Harapannya, dengan gerakan tersebut, UMKM Jatim semakin mengembangkan pasar mereka di ranah internasional.

“UMKM di Jatim ini sangat kaya. Kaya secara kreatifitasnya, kualitasnya, prestasinya. Menurut kami, semuanya akan punya potensi untuk mengembangkan pasar di sana. Apapun UMKM nya, pemprov akan memberikan dukungan penuh dengan bimbingan Dekranasda Jatim,” ungkap Emil.

Prestasi serta kualitas UMKM yang ada di Jatim merupakan hasil kolaborasi semua pihak. Pemprov menyadari, Jatim tidak akan mendapatkan prestasi di bidang UMKM jika hanya berjalan sendiri.

“Ini yang menjadi arahan Ibu Gubernur. Pemprov harus bermitra dengan berbagai pihak, salah satunya adalah Bank Indonesia yang memiliki kepedulian luar biasa dan juga punya kualitas sangat tinggi tentang kurasi terhadap UMKM yang potensial,” tandasnya.

Showcase Produk UMKM Unggulan Jawa Timur ini merupakan bagian dari Kick Off penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI). Sebagaimana telah dilakukan rutin secara tahunan oleh Bank Indonesia, KKI 2021 berfokus pada promosi produk kerajinan lokal Indonesia khususnya produk kain, tenun dan kerajinan terbaik dari seluruh Indonesia.

Showcase yang diadakan secara terbatas sesuai dengan protokol COVID-19 ini, menghadirkan produk kain premium batik, kerajinan home decor, produk berbahan kulit, kopi premium hingga makanan olahan ikan dan sambal. Pameran tersebut kemudian dirangkai dengan fashion show kain terbaik dari UMKM yang dikreasikan oleh Desainer Gita Orlin. Kain-kain terbaik tersebut berhasil disulap menjadi gaun yang cantik saat dipamerkan dalam fashion show. Setelah pagelaran busana berlangsung,

Selain itu, Difi juga mengajak masyarakat untuk berkunjung ke Gedung De Javasche Bank yang merupakan cagar budaya peninggalan zaman Belanda, ketika pandemi telah berakhir. Bank Indonesia mengajak para tamu untuk menikmati Private Tour Gedung De Javasche Bank sebagai wujud dukungan untuk menggalakkan program Gernas Bangga Berwisata Indonesia. (q cox, tama dinie)

Reply