BisnisJatim Raya

Dunia Kuliner Kian Diminati, Akademi Sages Buka Kampus Kedua Di Pandaan

89
×

Dunia Kuliner Kian Diminati, Akademi Sages Buka Kampus Kedua Di Pandaan

Sebarkan artikel ini

PANDAAN (Suarapubliknews) – Seiring dengan maraknya dunia food and beverage, pendidikan yang berhubungan dengan kuliner ini pun semakin berkembang. Hal ini yang melarbelakangi Akademi Sages menambah fasilitas kampus di Duren Sewu, Pandaan, Pasuruan. Setelah sebelumnya selama 3 tahun kampus pertama berdiri di Kawasan Darmo Permai Surabaya.

Direktur Akademi Sages, Bawa Mulyono Hadi mengatakan, dibangunnya kampus kedua tersebut didasari oleh tingginya kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang mencetak profesional maupun pelaku industri di sektor food and beverage.

“Kuliner itu tak pernah mati, karena menyangkut kebutuhan pokok manusia. Dan terbukti jumlah mahasiswa kami dari tahun ke tahun terus meningkat. Makanya kami ekspansi menambah fasilitas kuliah di sini,” katanya.

Di pilihnya lokasi Pandaan untuk mendekatkan diri mahasiswa dengan lokasi praktek guna mendukung kurikulum sebagai sekolah vokasi. Di lokasi ini pula berdiri hotel bintang yang juga dikelola yayasan, yakni K Gallery Hotel, serta afiliasi dengan pengelola Taman K Land Indonesia di Pandaan.

“Kampus baru ini nantinya untuk pembelajaran di semester 1 dan 2 dengan kapasitas 90-120 mahasiswa. Fasilitas yang ada diantaranya laboratorium kitchen untuk main course, juga laboratorium baking pastry,” terang Bawa.

Ditambahkannya, guna memperluas ilmu praktek dan kondisi riil di lapangan, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak, khususnya untuk tujuan magang bagi mahasiswa terutama di hotel bintang lima baik di dalam maupun luar negeri.

“Kami telah menggandeng Culinary Art Academi Switzerland untuk program lanjutan, juga dengan HTMI Hotel Management Institute di Switzerland, kemudian Hanyang di Korsel. Bahkan sudah melakukan magang ke Australia dan Amerika, Timur Tengah dan Eropa,” lanjut Bawa.

Head of Admission Akademi Sages, Victor Mercio Manaf, M.A menambahkan, selain memprioritaskan pendidikan basic terkait culinary dan patisserie, Akademi Sages memiliki keunggulan dengan spesial culinary art. Dari total kuota sekitar 120 mahasiswa, sampai saat ini jumlah mahasiswa baru angkatan 2022 telah mencapai 96 mahasiswa.

“Mereka datang dari berbagai kota di Indonesia, bukan hanya Jawa Timur, tapi juga dari Jakarta, Medan, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua,” ungkapnya didampingi Admission Akademi Sages, Patricia Maretta, ST.

Lulusan Akademi Sages, memiliki dua pilihan, bisa menjadi professional chef di hotel berbintang, atau menjadi entrepreneur. Pasalnya, selain setiap mahasiswa diajarkan praktek culinary dan pastry, juga pengelolaan bisnis, termasuk business plan, purchasing, cost control, nutrition, hygiene, dan sebagainya

Menandai diresmikannya kampus Akademi Sages Pandaan sejumlah pejabat dan pemangku kepentingan hadir. Terlihat Wakil Bupati Pasuruan sekaligus Plh. Bupati Pasuruan KH Abdul Mujib Imron, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur Prof Dra Dyah Sawitri SE, MM, Ketua Yayasan Sages, Setiawan Budiman, Founder Sages, Mr Kim Sangki. (Q cox, tama dini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *