Jatim Raya

Galang Dana Kampanye, Relawan Gus Ipul-Puti Bakal Gelar Pameran Lukisan Karya Affandi

33
×

Galang Dana Kampanye, Relawan Gus Ipul-Puti Bakal Gelar Pameran Lukisan Karya Affandi

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews.net) – Sebagai wujud dukungan kepada pasangan calon nomer dua yakni Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti), salah satu kelompok relawan asal Surabaya bakal berupaya mencarikan dana kampanye dengan cara menggelar pameran lukisan.

Tak tanggung-tanggung, sepertinya acara ini bakal menjadi pameran lukisan paling spektakuler di tahun 2018, karena disamping menggelar hasil karya 30 pelukis ternama, panitia juga bakal memamerkan sekaligus melelang dua lukisan karya sang maestro Affandi Koesoema (alm).

“Sebenarnya ini ide dari Bang Shaleh Ismail Mukadar dengan tujuan menggalang dana untuk kampanye pasangan calon nomer dua (Gus ipul-Puti), sesuai rencana, pameran akan digelar pada Minggu tgl 25 maret di Hotel Bumi Surabaya (Hyyat),” Ucap Singky Soewadji saat berada di kereta api, dalam perjalanannya dari Yogjakarta menuju Surabaya. Senin (12/3/2018)

Singky menerangkan bahwa tujuannya ke Kota Gudeg Yogyakarta untuk menemui keluarga sang Maestro Affandi, terkait rencana pameran lukisan yang bakal digelar untuk penggalangan dana kampanye paslon Gus Ipul-Puti.

“Alhamdulilah kami diterima langsung oleh Ibu Kartika Affandi, dan yang paling menggembirakan, ternyata beliau merespon baik acara pameran ini, karena bakal menurunkan 10 lukisan keluarga, dan 2 diantaranya adalah karya sang maestro Affandi,” terang pria pengusaha dan penggiat serta pecinta satwa asal Surabaya ini.

Dua lukisan karya Affandi itu, lanjuut Singky, yang satu dibuat tahun 19974 dan lainnya pada tahun 1976, yakni lukisan dengan judul “Petarung Sejati” nilainya mencapai 10 Miliar Rupiah, dan lukisan berjudul “Papua” nilainya sekitar 25 Miliar Rupiah.

“Hasil perbincangan kami selama tiga jam, ternyata beliau sekelurga yakni istri anak dan cucu Affandi bersedia hadir langsung di lokasi pameran, yang nantinya juga disertai demo melukis oleh keluarga Affandi,” tuturnya.

Shaleh Ismail Mukadar anggota tim pemenangan pasangan calon Gus Ipul-Puti bidang Logistik dan Intelejen, mengatakan bahwa munculnya ide pameran lukisan untuk tujuan penggalangan dana kampanye ini karena melihat potensi budaya bangsa yang sangat kuat, terutama di bidang seni lukis.

“Besarnya sebuah bangsa tergantung kekuatan budayanya, maka hal-hal yang seperti ini menyangkut karakter sebuah bangsa, karena kami ini kaum nasionalis yang pecinta seni, dan Bung karno juga menyukai seni terutama seni lukis, maka harus bisa menghargai sekaligus menghidupkan para seniman lukis, karena hasil karyanya tak ternilai harganya,” jelasnya.

Politisi PDIP ini mengatakan bahwa seluruh hasil lelangnya akan disumbangkan seluruhnya kepada paslon Gus Ipul-Puti untuk dana kampanye. “Ini merupakan wujud keseriusan dukungan kami tidak lebih dan tidak mencari keuntungan, apalagi embel-embel lainnya,” pungkasnya.

Kini panitia yang terlibat pameran lukisan akbar ini semakin disibukkan dengan berbagai persiapan, karena menyangkut pengamanan dan tranportasi angkutan untuk beberapa lukisan maha karya Affandi dari Yogkarta, karena harus memberikan jaminan asuransi.

“Saat pameran nanti, kami tidak hanya mendatangkan pasangan calon Gus Ipul dan mbak Puti, tetapi kami juga sedang berusaha untuk menghadirkan Ibu Megawati,” tutup Singky.(q cox)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *