Gerakan Disabilitas Berkarya Gelar Setara di Ruang yang Sama

SURABAYA (Suaraubliknews) – Sejak dicetuskan pertama kali dalam resolusi PBB (Persatuan Bangsa-bangsa) pada tahun 1992 Hari Disabilitas Internasional (3/12) bertujuan untuk lebih peduli pada mereka yang hidup dengan disabilitas.

Ketua Pelaksana “Setara di Ruang yang Sama” Eko Doto Nugroho mengatakan mengutip situs resmi PBB, tema Hari Disabilitas Internasional 2022 adalah ‘Transformative solutions for inclusive development: the role of innovation in fuelling an accessible and equitable world’.

“Yang berarti Solusi transformatif untuk pembangunan inklusif: peran inovasi dalam mendorong dunia yang dapat diakses dan adil,” katanya..

Merujuk pada tema di atas, Disabilitas Berkarya tahun ini mengambil tema lokal; “Setara di Ruang yang Sama”. Untuk itu Gerakan Disabilitas Berkarya, bersama para relawan dan dukungan sejumlah pihak mengadakan peringatan Hari Disabilitas Internasional yang akan dipusatkan di Kampung Anak Negeri Kalijudan, Surabaya.

“Beberapa kegiatan dilaksanakan diantaranya Menyayi dan interaksi musik bersama Aci Aksi Cinta Indonesia, Mengenalkan permainan tradisional nusantara bersama Kampoeng Dolanan, Ketrampilan belajar tali-temali paracord bareng Brabro dan Masak bersama dengan Dapur Kuliner Manda,” terang Eko. (Q cox, tama dini)

Reply