Jatim RayaPemerintahan

Gubernur Khofifah Ajak PMI Jatim Makan Bersama Ketupat Sayur dan Lepet di Asrama Haji

8
×

Gubernur Khofifah Ajak PMI Jatim Makan Bersama Ketupat Sayur dan Lepet di Asrama Haji

Sebarkan artikel ini

SURABAYA (Suarapubliknews) – Suasana kebersamaan dan kebahagiaan di perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah dilakukan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan menyempatkan diri mengunjungi Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jatim yang tengah menjalani masa karantina di Asrama Haji Surabaya.

Kedatangan Gubernur Khofifah, sontak disambut penuh suka cita para PMI. Secara khusus, Gubernur Khofifah membawakan makanan khas lebaran diantaranya Ketupat Sayur dan Lepet juga kurma. Nuansa hangat serta haru begitu terlihat di wajah para Pekerja Migran yang baru saja tiba dari berbagai negara.

“Hari ini tepat 1 Syawal 1442 Hijriah. Lebaran ini adalah momen untuk berbagi kebahagiaan dan kebersamaan. Alhamdulillah saya bisa merayakan Idul Fitri dengan teman-teman PMI yang pastinya merindukan rumah dan keluarga, tapi tetap menaati peraturan untuk karantina  setelah hasil swab negatif mereka akan dijemput kabupaten/kota asal mereka,” katanya.

Dirinya menjelaskan, mereka yang tengah menunggu hasil swab, masih belum bisa bertemu dengan keluarganya. Oleh sebab itu, melalui silaturrahim dengan menu ketupat sayur dan lepet serta kurma ini saya berharap   bisa mengobati rasa rindu kampung halaman mereka. “Kita ingin berbagi rasa, berbagi suka meskipun mereka sudah sangat rindu ketemu  keluarganya. Paling tidak ada suasana serasa di rumah,” jelas Khofifah.

Tak hanya bersama para PMI, kebersamaan dan kebahagiaan di lebaran kali ini juga dinikmati Gubernur Khofifah bersama para relawan Covid-19, Satpol PP, petugas serta perawat di area Asrama Haji Surabaya. Semuanya merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Secara khusus saya  pesan ketupat lebaran, sudah  lepet dan  kurma memang  untuk kita semua yang ada di Asrama haji, baik PMI maupun semua relawan dan petugas yang sama-sama melaksanakan tugas disini. Mari kita merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah bersama. Mohon maaf lahir dan batin,” ajaknya.

Sebelum menikmati Ketupat Sayur dan Lepet bersama-sama, Gubernur Khofifah menyempatkan diri untuk meninjau lokasi asrama haji dan dapur umum yang didirikan di Asrama Haji Surabaya. Gubernur Khofifah pun menyempatkan diri berdialog dengan beberapa PMI.

Mantan Menteri Sosial RI itu menanyakan kondisi dan asal mereka. Tak lupa, pengalaman merantau menjadi pekerja migran juga ia tanyakan. Selain ingin berbagi kebahagiaan dan kebersamaan, kehadiran Gubernur Jatim bertemu para PMI di Asrama Haji Surabaya juga ingin memastikan keamanan mereka sebelum kembali ke daerah asal.

“Jadi ada tiga lapis. Saat datang disini, diswab jika hasilnya negatif dapat dijemput daerahnya dan  pulang untuk dilanjutkan karantina lokal. Kalau positif dirujuk  ke Rumah Sakit Lapangan Indrapura. Saat ini tercatat 76 yang positif,” ujar Khofifah.

PMI yang habis masa kontraknya tidak boleh dibiarkan overstay. Karena, urusan kepulangan dan pengkarantinaan telah menjadi tugas Pemprov Jatim. Maka dari itu, dirinya pun memastikan bahwa PMI yang hasil swabnya telah terbukti negatif dapat langsung dijemput oleh daerah dimana mereka berasal..

“Bukan hanya dari luar negeri, yang datang dari kota lain  dari luar Jatim pun harus melakukan  karantina. Ini untuk memastikan agar kita bisa melindungi orang yang kita cintai di keluarga kita masing-masing. Pengkarantinaan ini merupakan usaha untuk memastikan bahwa para pekerja migran dan keluarga mereka tetap aman dan terjaga dari penyebaran   Covid-19,” ungkapnya.

Tak sampai disitu, PMI yang telah dinyatakan negatif  akan dikordinasikan dengan Pemprov dan pemda masing- masing serta dilengkapi   surat keterangan negatif covid-19 dan surat jalan untuk kembali ke daerahnya masing-masing. Setiba di daerah mereka, PMI akan dikarantina di centra-shelter selama 3 hari.

Setelah itu, PMI akan menjalani swab kedua, diikuti dengan PPKM Mikro selama 14 hari.  Ini berlaku baik bagi PMI asal Jatim maupun Provinsi luar Jatim. “Karantina berlapis harus dilakukan agar semua senantiasa terlindungi dan dipastikan sehat, baik keluarga yang ada di kampung, pun PMI sendiri,” terang Khofifah.

Sementara itu, sejak dimulainya karantina 28 April 2021 lalu, hingga Kamis (13/5) tecatat 76 PMI yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari total 8.188 PMI yang telah tiba di Jawa Timur. Dari jumlah tersebut, hingga hari ini, terdapat 359 PMI yang masih menjalani masa karantina aktif. Kedatangan PMI diperkirakan akan berlangsung hingga Juli 2021. (q cox, tama dinie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *